Kamis, 19 Januari 2017

Kebanyakan Bioskop Di China Sepi Penonton, Ini Alasannya

Ilustrasi (Foto: Getty Images)

Di Indonesia biskop tak pernah sepi pengunjung, apalagi ada film seru yang paling ditunggu-tunggu. Sudah pasti kursi bioskop selalu dipenuhi banyak orang. Tapi lain lagi dengan dengan bioskop-bioskop di pinggiran kota China yang selalu sepi penonton.

Meskipun China memiliki jumlah bioskop yang lebih banyak dari Amerika Serikat, yakni 40.971 bioskop sejak Desember tahun lalu, itu bukan berarti bahwa semua bioskop di China selalu ramai didatangi para penonton. Padahal penduduk China itu jumlahnya mencapai 1,4 miliar lebih.

CNBC melaporkan bahwa untuk mendapatkan sedikit keuntungan, pemilik bioskop biasanya akan menyewakan ruang mereka untuk meeting perusahaan atau kelas musik. Hal itu terpaksa dilakukan karena bioskop di China mengalami penurunan jumlah penonton yang sangat drastis.

Namun kasus ini tidak terjadi di bioskop yang terletak di kota-kota besar di China, tapi di daerah miskin dan pinggiran kota China. Anda bisa melihat kursi-kursi yang kosong ketika film sedang diputar.

"Kami tidak memiliki banyak pelanggan. Hanya beberapa selama hari kerja dan hanya satu lusin di akhir pekan," kata manajer Zhoulu County Digital Cinema, Wang Xudong, seperti dilansir Nextshark.

Lalu kenapa bioskop di pinggiran kota China selalu sepi penonton, apakah karena harga tiketnya yang mahal? Satu-satunya alasan kenapa bioskop selalu sepi penonton bukan karena harga tiketnya yang mahal, tapi karena warga di pinggiran kota China terlalu miskin.

Banyak warga miskin di pinggiran kota yang lebih memilih nonton film di televisi saja daripada harus menghamburkan uang pergi ke bioskop.

Meskipun statistik industri bioskop di China cukup mengecewakan, menurut direktur riset di EntGroup, Fu Yalong, mengatakan bahwa industri bioskop China  masih dalam tahap pengembangan.
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X