Rabu, 25 Januari 2017

Inilah Daftar Negara Paling Korup Di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

Somalia, negara terkorup di dunia (Foto: Time)

Transparency International baru-baru ini membeberkan laporan daftar negara paling korup di dunia. Somalia, Sudah, Korea Utara, dan Suriah dinilai sebagai negara paling korup di dunia berdasarkan pada bisnis dan sumber pendapatan pemerintah.

Somalia menjadi negara yang bertahan dengan gelar negara paling korup di dunia selama 10 tahun terakhir. Pada Indeks Persepsi Korupsi 2016, Somalia hanya mendapat skor 10. Tingkat korupsi di Somalia sebagian besar berada pada sektor publik negara.

Negara-negara yang memiliki skor rendah dianggap sebagai negara paling korup. Biasanya tingkat korupsi disebabkan oleh kinerja pemerintahan yang buruk dan lembaga pengawasan yang lemah.

Negara paling korup kedua di dunia ditempati oleh Sudan Selatan dengan skor 11, lalu disusul diurutan ketiga oleh Korea Utara, dan diposisi keempat ditempati oleh Suriah, negara yang sekarang sedang dilanda perang.

Sementara untuk negara yang menempati posisi paling atas dengan tingkat korupsi paling rendah dipegang oleh Denmark, lalu diposisi kedua ditempati oleh Selandia Baru, dan diposisi ketiga adalah Finlandia, negara yang terkenal dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Singapura menjadi satu-satunya negara di Asia yang masuk dalam sepuluh besar negara dengan tingkat korupsi paling rendah. Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Berdasarkan data laporan tersebut, seperti dikutip dari Yahoo! Finance, Indonesia tidak masuk dalam daftar 10 besar negara terkorup di dunia. Tapi jika dilihat dari Indeks Persepsi Korupsi 2016, Indonesia ditandai warna merah yang berarti tingkat korupsinya sangat tinggi. (Anda bisa melihat sendiri dengan mengarahkan kursor ke peta Indonesia di bawah ini)

Berikut 10 negara terkorup di dunia:

1. Somalia
2. Sudan Selatan
3. Korea Utara
4. Suriah
5. Yaman
6. Sudan
7. Libya
8. Afghanistan
9. Guinea-Bissau
10. Venezuela

Berikut 10 negara dengan tingkat korupsi terendah di dunia:

1. Denmark
2. Selandia Baru
3. Finlandia
4. Swedia
5. Swiss
6. Norwegia
7. Singapura
8. Belanda
9. Kanada
10. Jerman
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X