Kamis, 05 Januari 2017

Bukan Gunung Es, Ternyata Ini Yang Menyebabkan Titanic Tenggelam

(Foto: ultimatetitanic.com)

Hampir semua orang tahu tentang kisah kapal RMS Titanic yang tenggelam di Samudra Atlantik Utara pada 15 April 1912 silam. Baik itu dalam dokumen atau film, sejarah mencatat kalau kapal Titanic tenggelam lantaran menabrak gunung es saat pelayaran perdananya.

Namun menurut seorang wartawan yang telah menghabiskan waktu lebih dari 30 tahun meneliti kecelakaan Titanic, mengklaim kalau tenggelamnya kapal RMS Titanic bukan disebabkan oleh gunung es, melainkan karena api.

Laman The Sun melaporkan dalam sebuah film dokumenter baru, wartawan sekaligus penulis asal Irlandia, Senan Molony mengklaim bahwa lambung kapal Titanic melemah karena api yang membara di dalam bunker batubara.

Molony mengatakan kepada koran The Times bahwa Titanic tenggelam karena api, es, dan kelalaian awak kapal.

(Foto: news.com.au)

Dia percaya kalau api yang telah menyebabkan Titanic tenggelam setelah melihat tanda hitam di bagian kanan kapal dalam salah satu set foto Titanic yang baru-baru ini dilelang.

"Tidak ada yang menyelidiki tanda-tanda ini. Ini benar-benar mengubah cerita," ujar Molony.

Ia menambahkan kalau api telah menyebabkan kapal Titanic rapuh dan mengurangi kekuatannya hingga 75 persen.

David Hill, mantan sekretaris British Titanic Society menjelaskan bahwa memang ada kemungkinan terjadi kebakaran ketika kapal Titanic berlayar.

Sementara itu Richard De Kerbrech, penulis beberapa buku tentang Titanic, mengatakan kalau teori yang disebutkan Molony mungkin saja benar.

Bagaimana menurut Anda, apakah Anda lebih percaya Titanic tenggelam karena gunung es atau karena api?
by Fajar Lesmana
Kamis, 05 Januari 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X