Berani Coba Hidangan Lezat Beraroma Seperti WC Umum Ini?

Minggu, 22 Januari 2017
(Foto: Koreadmc)

Kreasi kuliner memang tak pernah ada habisnya. Mulai dari makanan laut, olahan sayur, hingga inovasi-inovasi baru yang selalu mampu menggugah selera makan. Tapi, bagaimana jika makanan yang dihidangkan memiliki aroma seperti toilet umum?

Hongeo, sejenis hidangan di Korea ini memiliki aroma nyaris sama dengan WC umum. Makanan beraroma aneh ini terbuat dari skate (sejenis ikan pari) yang telah difermentasi berhari-hari, bahkan ada yang hingga berbulan-bulan.

(Foto : Flickr.com)

Ikan pari ini biasanya dimakan saat masih segar. Ikan pari tidak memiliki kandung kemih maupun ginjal, sehingga limbah pencernaannya dikeluarkan langsung melalui kulit dalam bentuk asam urat.

Meski nikmat saat disantap segar, ternyata banyak warga Korea yang memilih menyantap ikan pari yang sudah difermentasi. Para nelayan biasanya akan menimbun puluhan ikan pari segar di dalam lemari es.

Ikan-ikan pari tersebut akan disimpan selama berhari-hari hingga berbulan-bulan. Ikan pari yang telah tesimpan selama itu akan memunculkan "aroma" yang menjadi daya tarik serta keunikan tersendiri dari hidangan yang satu ini.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba?