Beginilah Cara Soda Merusak Tubuh Kita Hanya Dalam Waktu 1 Jam

Jumat, 27 Januari 2017

Minuman bersoda merupakan salah stau minuman yang banyak digemari terutama ketika cuaca sedang panas, minuman bersoda dapat menyegarkan lidah hingga tenggorakan kita. Namun tahukah kalian jika minuman bersoda sangatlah berbahaya bagi tubuh kita?

Minuman bersoda memiliki kadar gula yang tinggi karena terbuat dari air gula yang kemudian diiisi dengan gas dan tidak mengandung gizi sama sekali. Minuman soda sangat berdampak tidak baik bagi tubuh kita bahkan hanya dengan waktu tidak lebih dari satu jam.

Pada 10 menit pertama, kadar gula yang mencapai lebih dari 10 sendok makan akan masuk ke dalam tubuh kita. Jika kita memakan atau meminum minuman dengan kadar gula tinggi, biasanya kita akan merasa mual dan kemudian muntah. Akan tetapi lain lagi dengan minuman bersoda yang mengandung asam fosfat yang tidak akan memberikan reaksi mual.

Kemudian 20 menit selanjutnya tubuh akan berusaha melawan overdosis kadar gula yang telah kita konsumsi. Hingga terjadi resistensi yang kuat pada insulin aliran darah, yang menyebabkan insulin tidak dapat bekerja mesirkulasikan glukosa sebagai mana fungsinya. Pada saat bersamaan hati akan mencegah gula dan mengubahnya menjadi lemak.

Pada 40 menit berikutnya, tubuh akan benar-benar menyerap semua kafein yang terkandung di dalam soda. Ketika meningkatnya glukosa maka tekanan darah akan meningkat. Efek lainnya otak akan memblokir reseptor adenosin yang berfungsi untuk menahan rasa kantuk, yang berarti kita tidak akan merasa ngantuk.

Hingga pada menit ke 45, minuman bersoda akan membuat kita merasa fresh akibat dari produksi hormon dopamin meningkat. Hal ini tak beda jauh dengan efek heroin.

Dan pada 1 jam selanjutnya, asam fosfat mempercepat metabolisme melalui pengikatan kalisum, seng, magnesium dalam usus yang menyebabkan perut terasa kembung hingga terasa nyeri dibagian perut.

Yang lebih parahnya lagi hanya dalam waktu satu jam, zat kalsium kita akan terkikis dari tulang dan akan terbuang lewat urin

Jadi, minum soda boleh-boleh saja, asalkan jangan berlebihan yah!