Kamis, 05 Januari 2017

Apa Yang Terjadi Jika Semua TKI Pulang Ke Indonesia?

(Foto: batamnews.co.id)

Tenaga Kerja Indonesia (TKI) sering disebut sebagai pahlawan devisa karena mereka yang bekerja di luar negeri merupakan sumber terbesar devisa bagi negara. Tercatat, ada jutaan warga Indonesia yang bekerja di negara yang berbeda-beda di seluruh dunia.

Selain merupakan sumber devisa, TKI juga membantu mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Mereka yang pergi ke luar negeri untuk bekerja secara otomatis akan mengurangi jumlah pengangguran, lebih jauhnya lagi mungkin bisa menurunkan angka kemiskinan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada jutaan TKI yang tersebar di negara-negara yang berbeda, lalu apa jadinya jika semua TKI pulang ke Indonesia secara bersamaan? Mungkin beberapa hal ini akan terjadi jika semua TKI pulang ke Indonesia.

1. Indonesia Akan Kehilangan Pendapatan Besar


(Foto: thetanjungpuratimes.com)

TKI merupakan sumber devisa terbesar bagi Indonesia. Jika mereka semua dipulangkan sudah pasti Indonesia akan kehilangan pendapatan yang sangat besar. Dikutip dari salah satu forum, Indonesia meraup pendapatan sebesar 100 triliun rupiah dari sekitar 4 juta TKI yang bekerja di luar negeri. Jika mereka semua pulang, berarti 100 triliun itu hilang ditiup angin.

2. Pengangguran Akan Semakin Bertambah


(Foto: harnas.co)

Dengan adanya TKI, jumlah pengangguran di Indonesia bisa dikurangi. Jika mereka semua dipulangkan, sudah pasti mereka akan kesusahan mendapatkan pekerjaan di Indonesia sehingga angka pengangguran semakin tinggi. Bayangkan dari 4 juta warga Indonesia tiba-tiba mencari pekerjaan?

3. Meningkatnya kriminalitas


(Foto: kbknews.id)

Dengan bertambahnya pengangguran, maka angka kemiskinan pun akan semakin meningkat. Kemiskinan menjadi faktor utama seseorang melakukan kejahatan. Oleh karena itu, jika kemiskinan semakin meningkat, kemungkinan besar angka kriminalitas akan semakin bertambah.

4. Penduduk Indonesia Akan Semakin Padat


(Foto: waspada.co.id)

Kebanyakan TKI berasal dari pulau Jawa, pulau terpadat di Indonesia. Bayangkan saja jika seandainya semua TKI kembali lagi ke Indonesia secara serentak, pasti penduduk akan semakin padat.
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X