Trending

Wisata

Aneh, Lava Di Gunung Berapi Ini Relatif Dingin

Rabu, 04 Januari 2017
(Foto: Viralnova)

Gunung berapi dikenal sebagai dapurnya magma yang memuntahkan lava yang sangat panas. Sudah dipastikan, orang yang jatuh ke dalam lava pasti akan tewas seketika.

Tapi lain lagi dengan lava di gunung berapi Ol Doinyo Lengai ini yang memiliki lava relatif dingin. Gunung yang terletak di jantung kota Arusha, Tanzania itu memiliki lava natrocarbonatite yang panasnya tidak melebihi 950 derajat Fahrenheit atau panasnya hanya setengah dari suhu lava normal.

(Foto: Viralnova)

Karena suhunya yang lebih rendah, lava di gunung berapi ini tidak berwarna merah, melainkan berwarna hitam pekat. Bahkan pernah ada kasus orang yang jatuh ke dalam lava di gunung tersebut tapi tidak tewas, dan hanya mengalami luka bakar.

Dikutip dari Viralnova, pada tahun 2007 silam seorang pria jatuh ke dalam lava di Gunung Ol Doinyo Lengai. Ia diselamatkan oleh sekelompok wisatawan. Meskipun pria tersebut selamat, ia menderita luka bakar yang parah pada kedua kaki dan tangannya.

(Foto: Viralnova)

Keunikan Gunung Ol Doinyo Lengai tak hanya terletak pada lava dan warnanya saja. Bila umumnya lava gunung berapi mengandung banyak mineral silikat, lava natrocarbonatite di gunung tersebut justru kaya akan mineral langka, yakni nyerereite dan gregoryite, mineral yang tidak dimiliki oleh gunung berapi lain.

(Foto: Viralnova)

Sementara itu tidak diketahui mengapa Ol Doinyo Lengai melepaskan lava ini, tetapi banyak yang berspekulasi bahwa lava itu muncul setelah magma dalam perut bumi tidak tercampur dengan baik dengan unsur-unsur lava pada umumnya.
Lainnya

Tags:

Berita Unik Pengetahuan Wisata
Terbaru
X