Trending

Trending

6 Tsunami Paling Dahsyat Yang Terjadi Di Zaman Kuno

Jumat, 06 Januari 2017
Ilustrasi (Foto: inquisitr.com)

Tsunami merupakan salah satu bencana alam yang bisa melenyapkan peradaban manusia dalam sekejap dan menenggelamkan sebuah kota. Sepanjang sejarah ini ada banyak tsunami besar yang pernah terjadi di berbagai belahan dunia.

Misalnya saja tsunami setinggi 10 meter di Jepang pada tahun 2011 lalu yang menewaskan lebih dari 15.000 jiwa. Atau tsunami paling parah di abad ini yang terjadi di Samudra Hindia pada tahun 2004 lalu, di mana gelombang air laut setinggi 30 meter itu telah menewaskan lebih dari 230.000 jiwa.

Namun dua tsunami besar itu belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan deretan tsunami yang pernah terjadi di zaman kuno. Beberapa tsunami di zaman kuno ini ada yang sampai melenyapkan peradaban manusia dan menenggelamkan sebuah kota. Ketinggian gelombangnya saja bahkan ada yang mencapai ratusan meter.

Berikut Wow Menariknya sajikan enam tsunami paling dahsyat dan mematikan yang pernah terjadi di zaman kuno.

1. Tsunami Besar di Yunani


(Foto: immigrationimpact.com)

Seorang sejarawan asal Yunani, Herodotus menulis kisah tentang tsunami mematikan yang menenggelamkan para prajurit Persia saat menyerang sebuah kota kuno di Yunani.

Pada 479 SM, tentara Persia yang sedang menginvasi kota Nea Potidea. Ketika itu tentara Persia ditenggelamkan oleh gelombang tsunami besar. Sementara kota Nea Potidea sendiri juga terkena imbasnya dan mengalami kerusakan yang cukup parah.

2. Pulau Indah Yang Ditelan Tsunami


(Foto: nationalgeographic.com)

Selama masa Mesolithikum, Doggerland merupakan sebuah pulau sekaligus surga bagi manusia dan hewan, tapi perlahan-lahan ditelan oleh lautan. Dalam ribuan tahun, lautan secara perlahan menelan Doggerland hingga merubahnya jadi rawa yang sangat luas.

Sekitar 8.000 tahun lalu, sebelum Doggerland benar-benar lenyap tenggelam ke dalam lautan, longsor bawah laut dalam skala besar terjadi di Norwegia yang menciptakan gelombang besar yang menenggelamkan pulau Doggerland. Tsunami itu diyakini telah melenyapkan peradaban manusia yang tersisa di Doggerland.

3. Atlit-Yam


(Foto: jpost.com)

Atlit-Yam adalah masyarakat nelayan yang berasal dari zaman Neolitikum. Para peneliti menduga kalau Atlit-Yam, yang sekarang adalah Israel, pernah diterjang tsunami besar yang memaksa semua penduduknya untuk pindah.

Tsunami besar itu disebabkan oleh longsor di Gunung Berapi Etna di Sisilia, Italia yang terjadi sekitar 8.000 tahun lalu. Saking besarnya, tsunami dahsyat itu sampai menyapu bersih daerah-daerah di pesisir pantai di tiga benua. Atlit-Yam adalah salah satu daerah yang terkena dampaknya. Warga di sana pun bergegas meninggalkan daerah mereka karena melihat air laut tiba-tiba surut.

4. Alexandria


(Foto: wordpress.com)

Pada tahun 365 Masehi, gempa bumi besar terjadi di lepas pantai Yunani yang menyebabkan gelombang air laut naik di sekitar pelabuhan Alexandria, Mesir. Ketika tsunami terjadi, malah banyak warga yang menjarah barang-barang orang lain.

Akibatnya, tsunami yang sampai menghancurkan dinding kota pelabuhan tersebut telah menewaskan 5.000 orang dan menghancurkan 50.000 bangunan. Sampai sekarang, bencana alam itu selalu diperingati setiap tahun di Alexandria.

5. Tsunami Terbesar Sepanjang Sejarang Di Santiago


(Foto: sputniknews.com)

Di pulau Santiago, di Tanjung Verde, ada beberapa batu besar seberat 770 ton duduk di atas dataran vulkanik. Peneliti mengklaim kalau batu sebesar itu bisa sampai berada di dataran vulkanik karena dibawa oleh gelombang tsunami yang sangat besar.

Pulau Santiago berada di sekitar Gunung Fugo, salah satu gunung berapi paling aktif di dunia. Menurut sebuah simulasi komputer, sekitar 73.000 tahun lalu, longsor batuan di Gunung Fugo telah memicu gelombang tsunami setinggi 170 meter yang menyapu bersih pulau Santiago.

Tsunami tersebut dikenal sebagai tsunami terbesar sepanjang sejarah, yang bahkan jauh lebih besar dibandingkan dengan tsunami di Samudra Hindia pada tahun 2004 lalu, yang tingginya hanya mencapai 30 meter.

6. Tsunami Tertua


(Foto: ohmygodfacts.com)

Selama proses menyusun daftar tsunami yang pernah terjadi di Australia pada masa lampau, tim peneliti menemukan fakta yang menarik. Para peneliti menemukan bahwa tsunami tertua di dunia terjadi di Australia Barat, sekitar 3,47 miliar tahun lalu. Tsunami tersebut disebabkan oleh asteroid yang menghantam wilayah Pilbara. Selain dari itu, tidak ada informasi lebih lanjut tentang tsunami tertua di dunia.

Sumber: Listverse
Lainnya

Tags:

Top Lists Trending
Terbaru
X