5 Suara Paling Keras Yang Pernah Terdengar Di Muka Bumi

Sabtu, 07 Januari 2017
(Foto: Wikipedia)

Manusia ditakdirkan memiliki telinga yang berfungsi sebagai alat pendengar. Namun batas normal pendengaran manusia hanya 88-90 db (Desibel). Kita biasanya hanya mendengar percakapan manusia yang hanya memiliki getaran suara sekitar 50 db, dan suara kendaraan sekitar 70 db.

Lalu bagimana jika ada suara yang memiliki getaran lebih dari batas maksimal pendengaran manusia? Nyatanya di dunia ada banyak objek atau peristiwa yang menghasilkan getaran suara sampai melebihi batas normal suara yang bisa didengar manusia.

Mulai dari suara roket saat meluncur, letusan gunung berapi, hingga ledakan bom atom. Berikut Wow Menariknya berhasil menghimpun daftar suara-suara paling keras yang pernah terdengar di muka bumi ini. Jika suara sekeras ini sampai terdengar telinga manusia, akibatnya pendengaran bisa rusak dan bahkan membuat telinga berdarah.

1. Peluncuran Roket


(Foto: Cbsnews.com)

Peluncuran roket yang diterbangkan ke luar angkasa untuk tujuan tertentu ternyata menghasilkan getaran suara yang keras, yaitu sekitar 165-170 db. Oleh karena itu, ketika kita melihat peluncuran roket kita tidak disarankan untuk berada terlalu dekat karena akan berdampak pada pendengaran kita.

2. Paus Biru


(Foto: Itravel-cabo.com)

Getaran suara yang keras juga dimiliki oleh paus biru yang merupakan salah satu hewan yang hidup di laut dan biasa mengeluarkan suara nyanyian. Nah, suara nyanyian paus biru lebih dikenal dengan suara sonar. Suara sonar tersebut meiliki getaran suara sekitar 188 db dan dapat terdengar hingga ratusan kilometer di bawah permukaan air.

3. Letusan Gunung Krakatau


(Foto: Damninteresting.com)

Suara paling keras selanjutnya berasal dari Indonesia, suara tersebut berasal dari letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883.

Gunung Krakatau merupakan salah satu gunung berapi di Indonesia yang pernah meletus dengan dahsyat pada tahun 1883. Letusan besar tersebut mengeluarkan material vulkanik sampai sejauh 25 km. Letusan Krakatau tercatat dalam sejarah merupakan salah satu letusan gunung paling besar di dunia. Akibat dari letusan ini bahkan terjadi perubahan iklim di bumi.

Letusan Krakatau menghasilkan getaran suara sampai 180 db, di mana suaranya sampai terdengar ke Australia

4. Bom Atom Seberat 1 Ton


(Foto: Boat-mag.com)

Siapa yang tidak tahu tentang tragedi pemboman di Hirosima dan Nagasaki di Jepang pada masa Perang Dunia II? Bom dengan berat 1 ton tersebut telah menghasilkan getaran suara 210 db dalam jarak 250 meter, Jika kita pada saat itu berada dekat dengan tempat kejadian, mungkin telinga kita tidak akan mampu lagi mendengar suara apapun setelah mendengar ledakan bom tersebut.

5. Meteor Tunguska


(Foto: Pics-about-space.com)

Kalian tahu kejadian Tunguska di Siberia? Kejadian jatuhnya meteor itu sampai saat ini masih jadi misteri yang belum terpecahkan. Sebuah ledakan keras yang menghantam daratan di Tunguska dengan kekuatan 1000 kali lipat lebih kuat daripada bom atom Hirosima, peristiwa ini disebut dengan peristiwa Tunguska.

Ledakan tersebut diakibatkan karena jatuhnya meteor ke bumi hingga mengakibatkan hantaman keras seperti ledakan bom seberat 1.000 mega ton dan menghasilkan getaran suara mencapai  300 – 315 db.