Kamis, 08 Desember 2016

Tongkat Komando, Tongkat Milik Bung Karno Yang Mendunia

Fidel Castro memegang Tongkat Komando milik Ir. Soekarno (Foto : anri.go.id)

Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno adalah sosok yang disegani masyarakat Indonesia. Tak hanya di negeri sendiri, beliau juga sangat disegani oleh pejabat-pejabat dunia. Terbukti, Bung Karno pernah jadi cover majalah Time.

Bung Karno menjabat sebagai Presiden Indonesia selama 21 tahun. Ia sangat terkenal dengan keramahannya yang selalu ditunjukan kepada rakyatnya. Sebagai pemimpin negara, Bung Karno selalu memperhatikan pakaian yang dikenakannya.

Tak hanya pakaian, ia juga selalu memakai aksesoris yang mewakili wibawanya. Salah satunya Tongkat Komando yang sangat populer di mata orang Indonesia dan juga dunia. Lalu seperti apa sih Tongkat Komando milik Bung Karno?

Tongkat Komando diletakan di meja Presiden Amerika Serikat Dwight D. Eisenhower.

(Foto : anri.go.id)

"Itu hanya kayu biasa yang aku gunakan sebagai bagian dari penampilanku sebagai pemimpin dari sebuah negara besar," ujar Bung Karno dalam biografinya yang ditulis oleh Cindy Adams, yang berasal dari Amerika saat pemerintahan Jhon F Kennedy, dalam bukuberjudul Penyambung Lidah Raykat Indonesia terbitan Yayasan Bung Karno dan Media Pressindo, tahun 2007.

Bung Karno sendiri memilki tiga Tongkat Komando yang bentuknya hampir sama. Pertama, Tongkat Komando yang selalu ia bawa ke luar negeri. Kedua, Tongkat Komando yang selalu ia gunakan untuk berhadapan dengan para jenderal. Dan yang trakhir, Tongkat Komando yang selalu ia gunakan untuk berpidato di depan rakyat.


Bung Karno memegang Tongkat Komando saat bertemu Jenderal Ahmad Yani.

(Foto : anri.go.id)

Tongkat Komando Bung Karno sendiri dipakai sejak 1952.Sementara tongkat itu sendiri diciptakan dari kayu pohon pucung kalak yang langka. Kemudian Bung Karno menyuruh seorang seniman asal Yogyakarta untuk membuat Tongkat Komando dari kayu tersebut.

Bung Karno selalu membawa Tongkat Komando saat pidato.

(Foto : anri.go.id)

Pada salah satu acara kenegeraan, Bung Karno bertemu dengan mendiang Presiden Kuba Fidel Castro. Mereka bertemu dalam satu tempat, di mana Fidel Castro memegang tongkat Bung Karno dan mengajaknya bercanda membahas tongkat tersebut.

"Apakah tongkat ini sakti seperti tongkat kepala suku Indian?" ujar Fidel Castro. Menanggapi itu, Bung Karno membalasnya dengan tertawa saja.

Marilyn Monroe pun dibuat takjub dengan Tongkat Komando milik Bung Karno.

(Foto : anri.go.id)

Saat itu Fidel Castro meminta untuk bertukaran aksesoris yang mereka kenakan di kepalanya. Soekarno memberikan peci hitamnya. Sedangkan Castro memnberikan topinya sambil berkata, "Topi ini saya pakai waktu saya menyerang Havana dan ketika saya menjatuhkan Batista".
by Fasya Zulfah
Kamis, 08 Desember 2016
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X