Responsive Ad Slot

Tanpa Alasan Jelas, Wabah Ini Bikin Orang Menari Sampai Meninggal

Orang-orang akan menari sampai mereka kelelahan hingga jatuh pingsan, bahkan sampai meninggal.
by Fajar Lesmana /

Jumat, 30 Desember 2016

Wabah menari (Foto: Boredomtherapy.com)

Sekitar abad ke-14 di Eropa, tersebar wabah aneh yang membuat orang tiba-tiba menari tanpa alasan yang jelas meski tak diiringi alunan musik. Parahnya lagi, orang-orang akan menari sampai mereka kelelahan hingga jatuh pingsan, bahkan sampai meninggal.

Pada tahun 1278, lebih dari dua ratus orang menari di sebuah jembatan di atas Sungai Meuse di Jerman karena wabah misterius ini. Karena tak kuat menahan beban, jembatan itu pun runtuh hingga menyebabkan banyak orang meninggal.

Seperti dilansir Boredomtherapy, wabah ini dikenal sebagai "St. John Dance" atau "St. Vitus Dance." Banyak orang yang putus asa karena wabah ini. Menariknya lagi, wabah ini muncul saat warga di St. Vitus sedang menggelar pesta.

(Foto: Boredomtherapy.com)

Tak ada yang tahu bagaimana korban terkena wabah ini. Tapi kebanyakan korban yang terkena wabah menari ini tak berbeda jauh dengan orang yang kerasukan, sehingga harus dilakukan ritual pengusiran setan agar korban berhenti menari.


Kadang alunan musik dimainkan untuk mencoba menghentikan wabah ini. Namun keadaan malah semakin buruk, jika musik dimainkan, maka akan semakin banyak orang yang terkena wabah ini dan ikut menari.

(Foto: Boredtomtherapy.com)

Sampai hari ini, tidak ada penjelasan kenapa wabah ini menyebabkan orang menari tanpa sebab yang jelas. Beberapa orang berpendapat kalau korban yang terkena wabah ini menderita keracunan ergot. Sebagian lagi berpendapat kalau korban mengalami halusinasi.

Jumlah orang yang meninggal karena wabah ini pun tidak sedikit. Kebanyakan korban yang meninggal karena mereka menari sampai kelelahan hingga tak sadarkan diri lagi.

Pada abad ke-17, wabah menari tampaknya sudah hilang. Sampai saat itu, tidak ada orang lagi yang terkena wabah menari.
loading...
Anda Mungkin Suka?
Loading...
Paling Baru
Copyright © 2017 Wow Menariknya
X