WOW

Takjub, Atlet Lumpuh Ini Panjat Tebing Pakai Kursi Roda

Sabtu, 17 Desember 2016
Lai Chi-wai (Foto: Odditycentral)

Pada 9 Desember 2011 lalu, pemanjat handal Lai Chi-wai mengalami kecelakaan sepeda motor yang membuatnya lumpuh. Namun, kejadian itu tak membuatnya putus semangat untuk terus melakukan hobi memanjatnya.

Lai Chi-wai (33), pernah menjuarai empat kali dari pertandingan kejuaraan Panjat Tebing se-Asia. Lima tahun yang lalu, karir atletiknya begitu menjanjikan, tetapi takdir berkata lain, kecelakaan sepeda motor telah membuat impian Lai hancur.

"Ketika saya bangun, saya sudah berada di rumah sakit dan telah dioperasi. Staf mengatakan kepada saya, saya lumpuh dari pinggang ke bawah dan akan berada di kursi roda seumur hidup saya," ujar Lai, seperti dilansir Odditycentral.

(Foto: Odditycentral)

Keluarga dan teman-temannya menganggap kecelakaan tragis itu tidak bisa membuat Lai untuk melakukan panjat tebing lagi. Namun, Lai Chi-wai tidak siap untuk menyerah.

Setelah pulih dari kecelakaan itu, ia memilih olahraga tinju dengan masih menggunakan kursi roda, olahraga yang menurutnya dapat meningkatkan fokus mental dan kebugaran fisiknya yang lumpuh dan meningkatkan kepercayaan diri, tetapi ia juga terus berlatih dengan teman-teman lamanya sesama pendaki gunung.

Pada 2014, ia bersumpah untuk mendaki tebing Lion Rock di Hong Kong yang memiliki ketinggian 495 meter. Tentunya kali inimenggunakan kursi roda. Sumpahnya itu menimbulkan kekhawatiran teman-temannya, karena belum pernah dilakukan sebelumnya. Tapi akhirya mereka mendukung keputusan Lai.

(Foto: Odditycentral)

Dan pada tanggal 9 Desember 2016, Lai Chi-wai memenuhi janjinya dan menjadi orang lumpuh pertama yang mendaki tebing Lion Rock.

"Saya sudah memenuhi tujuan saya. Saya bilang saya akan me anjat Lion Rock, dan saya sudah melakukannya sekarang! Di tengah malam pada tanggal 9 Desember 2011, saya mengalami kecelakaan lalu lintas dan harus menjalani serangkaian operasi darurat. Lima tahun kemudian, saya naik ke puncak Lion Rock! Sekali lagi, saya duduk di puncak gunung," tulisnya di akun Facebook miliknya.

Berkat tekadnya yang kokoh, banyak netizen yang dibuat berdecak kagum atas prestasi Lai Chi-wai. Mereka mengatakan bahwa Lai melambangkan pemuda Hong Kong yang memiliki semangat dalam menghadapi kesulitan, bahkan ia juga mendapat pujian dari para ahli panjat tebing.

(Foto: Odditycentral)

Seorang pelatih panjat tebing mengatakan kepada Sky Post bahwa ia tidak pernah membayangkan seseorang yang terikat oleh kursi roda bisa melewati semua kesulitan di jalan puncak Lion Rock.

Menurutnya, gunung ini begitu sulit untuk didaki, bahkan seorang pendaki profesional pun akan membutuhkan banyak pelatihan dan setidaknya empat jam untuk mencapai puncak. Tapi Lai Chi-wai hanya membutuhkan peralatan khusus saja tanpa harus latihan terlebih dahulu.

"Apakah panjat tebing mengajarkan Anda tentang menghadapi kesulitan? Apakah Anda menyerah, atau maju? Kesan yang saya dapat dari Chi-wai adalah bahwa ia memiliki tekad yang teguh. Setelah ia menetapkan tujuan, tidak ada yang bisa menghentikan ketekunanya sampai ia berhasil. Tidak peduli betapa sulitnya tantangan, ia tidak menyerah. Ia memang hebat!" ujar seorang pelatih panjat tebing profesional.