Responsive Ad Slot

Pohon Tertua Di Dunia Ini Menyimpan Kisah Mengejutkan

Pohon tersebut adalah Old Tjikko yang diperkirakan sudah berusia puluhan ribu tahun.
by Fajar Lesmana /

Kamis, 22 Desember 2016

Old Tjikko (Foto: boredomtherapy.com)

Jika berbicara tentang makhluk hidup tertua di dunia ini, mungkin Anda menduga kalau rekor tersebut dipegang oleh kura-kura raksasa yang dikenal dapat hidup sampai ratusan tahun lamanya. Tapi sebenarnya, makhluk hidup tertua di dunia tidak dipegang oleh hewan ataupun manusia, melainkan sebuah pohon.

Ya, pohon tersebut adalah Old Tjikko yang diperkirakan sudah berusia puluhan ribu tahun. Itu berarti pohon ini menyimpan banyak kisah yang bahkan tak diketahui oleh manusia sendiri.

Old Tjikko adalah sebuah pohon cemara yang terletak di Norwegia. Ilmuwan menggunakan penanggalan karbon untuk menentukan umur pohon setinggi 13 kaki itu. Dan hasilnya menunjukkan kalau Old Tjikko diperkirakan berusia 10.000 tahun.

(Foto: boredomtherapy.com)

Biasaya, usia pohon ditentukan dengan menghitung bagian cincin nya. Namun para ilmuwan takut merusak pohon ketika pertama kali ditemukan pada tahun 2004, sehingga mereka harus menggunakan penanggalan karbon.


Itu berarti, pohon Old Tjikko sudah berakar sejak akhir Zaman Es. Bila rata-rata makhluk hidup darat tidak bisa bertahan saat zaman es, mengejutkannya lagi, Old Tjikko berhasil bertahan hidup.

(Foto: boredomtherapy.com)

Pohon tertua di dunia ini mampu bertahan di pegunungan karena vegetasinya yang masih jarang, dan juga terbebas dari kebakaran hutan.

Setelah dilakukan penelitian yang lebih lanjut, para ilmuwan menemukan kalau Old Tjikko mampu bertahan hidup sampai 10.000 tahun lamanya karena pohon ini mengkloning dirinya sendiri. Artinya, ketika meninggal, sistem akar akan menumbuhkan akar baru.

(Foto: boredomtherapy.com)

Hingga hari ini, pohon Old Tjikko masih kokoh berdiri dan menjadi tempat bagi para ilmuwan dan ahli biotani untuk melakukan penelitian sejarah.
loading...
Anda Mungkin Suka?
Loading...
Paling Baru
Copyright © 2017 Wow Menariknya
X