Rabu, 07 Desember 2016

Mengintip Keindahan Masjid Berlapis Kaca Di Iran Bak Aurora

Masjid Shah Cheragh (Foto: Flickr)

Shah Cheragh merupakan sebuah masjid yang terletak di Syiraz, Iran. Shah Cheragh dalam bahasa Inggris nya berarti "King of the Light " atau "Raja dari Cahaya".

Bila dilihat dari luar, masjid ini tampak biasa-biasa saja, namun jika masuk ke dalamnya, Anda akan terpesona oleh keindahan interior masjid ini yang dihiasi oleh jutaan pecahan cermin dan kristal hijau.

Apabila ada sedikit cahaya menyusup ke dalam masjid ini, maka kaca dan cermin di dalamnya akan memantulkan cahaya ke segala arah dan menghasilkan pemandangan yang sangat menakjubkan seperti aurora di langit.

(Foto: comebacklive.com)

Sejak ditemukan, masjid ini menjadi tempat tujuan ziarah populer, terutama bagi kaum Syi'ah. Di masjid ini juga terdapat makam tokoh muslim, seperti Amir Ahmad dan saudaranya Mir Muhammad, putra Imam ketujuh dan saudara Imam Reza.


(Foto: mallforarts.com)

Amir Ahmad dan Mir Muhammad diburu dan dibunuh oleh khalifah dinasti Abbasiyah pada tahun 835 Masehi selama perseteruan Sunni-Syiah.

(Foto: dailymoslem.com)

Upaya masyarakat setempat untuk melindungi makam dibangunlah masjid di sekelilingnya. Masjid ini sudah mengalami berbagai macam zaman, sempat dihancurkan oleh bencana alam dan tangan jahil manusia.

(Foto: yomadic.com)

Namun berkat upaya restorasi perbaikan, sampai sekarang masjid ini tetap memancarkan keindahannya.
by Fasya Zulfah
Rabu, 07 Desember 2016
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X