Menemukan Tanaman Ini, Berarti Menemukan Tambang Berlian

Pandan P. candelabrum (Foto: Metro)

Semua orang tahu berlian adalah perhiasan yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Namun permata indah ini tergolong sangat langka dan tambang berlian pun cukup sulit ditemukan.

Tapi tahu tidak jika di suatu tempat ada tambang berlian tersembunyi, kemungkinan besar tanaman ini akan tumbuh di atasnya. Seorang ahli geologi mengklaim jika spesies pandan langka ini tumbuh di atas tanah, tak menutup kemungkinan di dalamnya ada tambang berlian.

Dilansir Metro, peneliti di Florida International University percaya bahwa tanaman pandan spesies Pandanus candelabrum ini tumbuh di atas pipa lava, di mana lokasi tersebut merupakan cara yang paling mudah untuk menemukan tambang berlian.

Sebab, berlian merupakan batu mulia yang terbentuk jauh di dalam tanah. Berlian baru akan naik ke permukaan tanah setelah terdorong oleh aktivitas vulkanik. Kemudian berlian-berlian tersebut akan terkumpul di dalam pipa yang disebut kimberlite.

(Foto: keelynet.com)

Nah, pandan ini diklaim hanya tumbuh di atas pipa kimberlite tersebut. Tak heran jika banyak orang yang memburu tanaman ini karena bisa menjadi petunjuk adanya tambang berlian.


"Pencari tanaman ini akan melompat di atasnya seperti orang gila," kata Steven, seorang ahli geologi di Carnegie Institution for Science.

Pandan P. candelabrum merupakan tanaman asli dari Liberia, salah satu negara di Afrika yang kaya akan berlian. Namun banyak dari tanaman ini yang dirusak karena perang saudara.

Nah, jika Anda menemukan tanaman ini di halaman rumah, bisa jadi ada tambang berlian di bawah halaman rumah Anda.
X