Jumat, 09 Desember 2016

Ketahui Penyebab Nyamuk Berdengung Di Dekat Telinga Kita

Ilustrasi (Foto : scienceabc.com)

Kita mungkin sering mendengar nyamuk berdenging di dekat telinga kita, seolah-olah akan mengigit dan cukup mengganggu pendengaran kita. Bunyi dengingan nyamuk masih saja terdengar meskipun kita sudah menggunakan alat pengusir nyamuk, terutama di malam hari saat kita hendak beristirahat.

Namun, nyamuk yang sering berdenging di telinga kita biasanya tidak mengigit. Menurut Dr. Cameroon Webb, ahli kedokteran entomologi dari Universitas Sidney, jenis nyamuk ini adalah Anopheles merupakan nyamuk rumahan berwarna coklat.

Tempat berkembang biaknya adalah di selokan dan genangan air sekitar rumah. Ketika kita bisa mendengar dengingan nyamuk, berarti nyamuk tersebut tidak kurang dari 30cm jaraknya dengan telinga kita. Lantas apa yang dilakukan nyamuk tersebut di area kepala kita?

Dikutip dari National Geographic, Dr. Cameroon menyatakan bahwa nyamuk sering berputar di dekat kepala kita karena mereka menyukai karbondioksida dan nyamuk ini dapat mendeteksi pola pernafasan kita, bukan karena ingin mengigit.

"Nyamuk aktif di sekitar kepala karena disitulah karbondioksida dikeluarkan" ujarnya.


Biasanya, walaupun menggunakan lotion anti nyamuk, obat nyamuk atau alat pengusir nyamuk lainnya tidak efektif untuk mengusir nyamuk jenis ini. Alternatif yang sangat mudah untuk mengusir nyamuk jenis ini adalah kipas angin.

Kipas angin akan membantu melancarkan aliran udara, kipas angin juga dapat membuat nyamuk sulit terbang mendekati tubuh kita karena hembusan angin yang kuat.
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X