Kamis, 08 Desember 2016

Kenapa Perut Berbunyi Saat Perut Lapar?

Ilustrasi (Foto: ravfitandtipshealth.com)

Perut Anda pasti suka berbunyi jika seandainya merasa lapar. Namun sebenarnya, perut berbunyi itu bukan disebabkan oleh rasa lapar. Buktinya saja perut Anda tidak selalu berbunyi saat lapar.

Lapar bisa terjadi karena hilangnya zat-zat bergizi di dalam darah. Kemudian pembuluh darah akan mengirimkan sinyal ke bagian otak yang disebut pusat rasa lapar.

Bagian otak ini bekerja sebagai rem, tapi bukan rem pada kendaraan, melainkan rem di perut yang berfungsi memperlambat gerak perut. Dalam arti lain, selama darah menerima asupan makanan, maka bagian pusat rasa lapar tersebut akan memperlambat gerak perut.

Oleh karena itu, ketika sari makanan mulai hilang di dalam darah, maka hal itu akan membuat perut lebih aktif.

Perut akan ada dalam keadaan kosong saat merasa lapar. Dan ketika makan lagi, perut akan terisi penuh sampai tidak ada ruang kosong.

Kemudian makanan-makanan tersebut akan dicerna oleh usus dan lambung. Kedua organ tubuh ini bergerak tanpa henti karena keduanya memiliki tugas mencerna makanan.

Saat semua makanan sudah dicerna, di dalam kedua organ ini tidak ada lagi makanan dan yang ada hanya udara.

Lambung dan usus yang bergerak membuat udara terdorong ke sana ke mari yang menghasilkan bunyi di dalam perut ketika perut sedang lapar.

Jadi, itulah alasan kenapa perut kadang suka berbunyi ketika Anda merasa lapar.
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X