Kenapa Aceh Sering Diguncang Gempa Besar?

Jumat, 09 Desember 2016
Gempa dan tsunami 2004 (Foto: ibtimes.co.uk)

Indonesia adalah negara yang rawan terkena bencana alam gempa tektonik karena berdekatan dengan Cincin Api Pasifik. Dan salah satu daerah di Indonesia yang paling sering diguncang gempa adalah Aceh.

Buktinya saja pada 26 Desember 2004 silam, wilayah Aceh dan sekitarnya merupakan yang paling parah terkena dampak gempa berkekuatan 9,1 SR dan tsunami besar. Ini merupakan bencana terbesar yang terjadi dalam 100 tahun terakhir.

Kemudian pada 2 Juli 2013, Aceh kembali diguncang gempa berkekuatan 6,1 SR. Dan yang terakhir sekarang, gempa berkekuatan 6,5 SR mengguncang wilayah Aceh, terutama di daerah Kabupaten Pidie Jaya. Tercatat, sudah ada lebih dari seratus korban tewas akibat bencana ini.

Lalu kenapa Aceh sering sekali diguncang gempa bumi besar?

Jalan retak akibat gempa Aceh 2016 (Foto: Twitter)

Menurut Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Pengda Aceh, Ir Faizal Adriansyah MSi, pernah mengatakan kepada media pada tahun 2015 lalu, bahwa sering terjadinya gempa di Aceh disebabkan oleh gempa besar pada 26 Desember 2004 lalu.

Gempa 9,1 SR yang berpusat di Samudera Hindia itu membuat wilayah Sumatera, khususnya Aceh jadi tidak stabil.


Pasca gempa 26 Desember 2004, wilayah Aceh sangat rentan diguncang gempa karena lempeng-lempeng bumi satu sama lain saling terhubung, Maka tak menutup kemungkinan gempa besar di tempat lain memicu pelepasan energi di wilayah yang rentan seperti Aceh.

Gempa 9,1 SR di Samudera Hindia membuat Aceh jadi tidak stabil.

Masjid runtuh akibat gempa Aceh 2016 (Foto: Twitter)

"Kita tahu bahwa beberapa bulan yang lalu ada pergerakan lempeng di dekat kita yang memicu gempa Nepal di Himalaya (April 2015). Hal ini tidak mustahil berpengaruh terhadap kestabilan lempeng di wilayah Aceh," kata Faizal.

"Akibat gempa yang menimbulkan tsunami pada 26 Desember 2004, maka ibarat orang luka parah, penyembuhannya membutuhkan waktu lama. Posisi menuju kestabilan inilah yang mengharuskan terjadinya gempa-gempa di wilayah Aceh."

Jika diperhatikan pada 21 November 2016 lalu, Jepang dilanda gempa bumi berkekuatan 7,4 SR yang berpotensi tsunami. Tak menututp kemungkinan, gempa di Aceh yang terjadi baru-baru ini ada pengaruhnya dari gempa di Jepang.