Trending

Lifestyle

Jangan Anggap Remeh, Jengkol Memiliki Segudang Khasiat Kesehatan

Rabu, 21 Desember 2016
Masakan jengkol (Foto: satujam.com)

Kalau mendengar kata jengkol, pasti pikiran Anda pasti langsung kepada baunya. Jengkol sangat identik dengan makanan kampung dan bentuknya memang tidak menarik. Terlebih lagi, jengkol bisa membuat mulut jadi bau.

Namun jangan salah, makanan yang sering menjadi olokan di kalangan anak muda yang memakannya ini harganya setara dengan harga daging. Dan kalau sudah diolah dengan rempah-rempah khas Indonesia, masakan jengkol bisa membuat Anda ketagihan makan.

Hebatnya lagi, jengkol hanya tumbuh di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Dan warga dari benua lain justru sangat memburu jengkol. Kira-kira kenapa mereka sangat menginginkan jengkol?

Tanpa Anda sadari, jengkol dapat dijadikan obat alami karena kandungannya yang kaya akan vitamin A, B1, B2, C yang berperan sebagai antioksidan dan dikenal ampuh menangkal zat-zat radikal bebas penyebab semua jenis sel kangker.


Menurut hasil penelitian dari Institut Ilmu Kesehatan dan Biosains, Swedia. Jengkol juga memiliki spektrum antimikroba yang efektif melawan infeksi, bakteri, jamur, parasit, maupun cacing. Jengkol juga memiliki senyawa yang lebih baik dari adriamycin (kandungan yang digunakan untuk kemoterapi).

Hebatnya lagi adalah ekstrak jengkol dapat menghancurkan sel ganas dan tetap memelihara sel sehat dalam tubuh kita. Selain itu, kandungan protein dalam jengkol yang melebihi kacang-kacangan ini sangat bagus untuk pembentukan jaringan tubuh, dan juga dapat mencegah penyakit diabetes dan menjaga kesehatan jantung.

Jengkol juga bermanfaat untuk ibu hamil karena kandungan asam folat yang sangat dibutuhkan oleh para Ibu yang sedang mengandung. Jadi jangan anggap remeh makanan yang satu ini ya!
Lainnya

Tags:

Lifestyle
Terbaru
X