Trending

Trending

Goodwin Sands, Pasir Misterius Yang Sudah Menghisap 1.000 Kapal

Rabu, 28 Desember 2016
Goodwin Sands (Foto: bbc.co.uk)

Bila selama ini Segitiga Bermuda dikenal sebagai tempat paling misterius yang bertanggung jawab atas hilangnya banyak kapal dan pesawat tanpa jejak, maka wilayah bernama Goodwin Sands ini tak kalah misterius dengan Segitiga Bermuda.

Goodwin Sands dikenal sebagai dataran pasir misterius yang konon sudah menenggelamkan lebih dari 1.000 kapal. Peristiwa tenggelamnya kapal di Goodwin Sands pertama kali terjadi pada tahun 1703. Ketika itu beberapa kapal tenggelam di wilayah itu dan menewaskan sekitar 1.000 awak kapal.

Lalu pada 1809,tiga kapal milik East India Company tenggelam dan terhisap pasir di Goodwin Sand saat berlayar menuju London.

(Foto: cousell.com)


Menurut beberapa sumber, sepanjang sejarah Goodwin Sands sudah menghisap lebih dari 1.000 kapal. Bahkan, ada yang menyebutkan sudah ada lebih dari 2.000 kapal yang tenggelam di wilayah Goodwin Sands.

Menurut beberapa ilmuwan, penyebab banyak kapal tenggelam di wilayah itu karena sering terjadi badai besar. Sementara itu ilmuwan belum bisa menjelaskan tentang kapal yang dihisap pasir.

(Foto: ramsgatelifeboat.org.uk)

Karena wilayah ini sangat berbahaya, maka Goodwin Sands dilindungi sebagai situs bersejarah berdasarkan undang-undang tentang Protection of Wrecks Act. Undang-undang tersebut dibuat guna mencegah kejadian yang sebelumnya terjadi lagi.
Lainnya

Tags:

Pengetahuan Trending
Terbaru
X