Responsive Ad Slot

Di Negara-Negara Ini, Tahun Baru Tidak Jatuh Pada Tanggal 1 Januari

by Fajar Lesmana /

Jumat, 30 Desember 2016


Pada zaman dahulu, setiap negara hampir memiliki sistem penanggalan sendiri. Namun untuk memudahkan komunikasi, semuanya serentak menggunakan sistem penanggalan Masehi. Dan seperti yang kita tahu, tahun baru menurut penanggalan Masehi jatuh pada tanggal 1 Januari.

Setiap menjelang tahun baru, hampir semua orang di seluruh dunia bersuka cita menyambut pergantian tahun, termasuk di Indonesia. Namun apakah semua tahun baru itu jatuh pada tanggal 1 Januari?

Nyatanya, tidak semua negara merayakan tahun baru pada tanggal 1 Januari. Beberapa negara memiliki tahun baru di tanggal dan bulan yang berbeda. Berikut negara-negara yang memiliki tahun baru bukan di tanggal 1 Januari.

5. Tahun Baru China

(Foto: wittyfeed.com)

Tahun baru China atau lebih kita kenal sebagai Tahun Baru Imlek biasanya jatuh antara tanggal 21 Januari sampai 21 Februari. Kemeriahan Tahun Baru Imlek di China juga tak kalah meriah dengan perayaan tahun baru Masehi.

4. Tahun Baru Yahudi

(Foto: huffingtonpost.com)

Rosh Hashanah merupakan tahun baru untuk umat Yahudi. Biasanya Tahun Baru Yahudi dirayakan pada dua hari pertama dari bulan ketujuh dalam kalender Ibrani, atau dalam kalender Masehi jatuh pada bulan September-Oktober.

Namun, negara-negara seperti AS, Inggris, atau Israel yang kebanyakan warganya Yahudi juga memperingati tahun baru Masehi pada tanggal 1 Januari.


3. Tahun Baru Islam

(Foto: muslimvillage.com)

Tahun Baru Islam atau juga kita kenal sebagai tahun baru Hijriah jatuh pada hari pertama bulan Muharram. Negara-negara Islam di dunia sudah pasti menerapkan sistem penanggalan kalender Hijriah. Oleh karena itu kebanyakan negara-negara Islam melarang perayaan tahun baru 1 Januari. Tapi ada juga negara yang mayoritasnya Islam memperbolehkan merayakan tahun baru Masehi.

2. Tahun Baru Thailand

(Foto: wittyfeed.com)

Songkran atau Tahun Baru Thailand biasanya dirayakan pada tanggal 13 sampai 15 April. Pada hari ini, biasanya warga Thailand akan membuang wadah air mereka dengan harapan tahun baru akan membawa nasib baik.

1. Tahun Baru Ethiopia

(Foto: ethiosports.com)

Tahun Baru Ethiopia dirayakan pada 11 sampai 12 September. Sama seperti tahun baru lainnya, penduduk Ethiopia merayakan hari ini dengan antusias dan banyak festival diselenggarakan.

Nah, walau negara-negara tersebut memiliki tahun baru masing-masing, tapi kebanyakan juga ikut merayakan tahun baru Masehi yang selalu jatuh pada tanggal 1 Januari.
loading...
Anda Mungkin Suka?
Loading...
Paling Baru
Copyright © 2017 Wow Menariknya
X