Trending

Teknologi

Awas! Jangan Gunakan Flashdisk Yang Ditemukan Di Jalan

Sabtu, 17 Desember 2016

Di zaman yang serba maju ini, kita pasti membutuhkan alat penyimpan berukuran kecil yang bisa dibawa ke mana-mana seperti fashdisk. Namun, pernahkah Anda menemukan flashdisk yang tergeletak di jalan?

Kebanyakan orang mungkin akan membawa flashdisk tersebut karena dianggap 'rezeki tak diduga-duga'. Selain itu, kebanyakan orang yang membawa flashdisk yang terjatuh di jalan karena mereka penasaran dengan isi flashdisk tersebut, lalu menancapkan ke kompouter pribadinya.

Tahu tidak, rasa penasaran itulah bisa mendatangkan petaka bagi Anda. Hati-hati, mengambil flashdisk yang ditemukan di jalan lalu menancapkannya ke komputer atau laptop milik Anda, itu sangat berbahaya.


Menurut penelitian yang dilakukan oleh Google, University of Illionis Urbana-Champaign, dan University of Michigan, banyak orang yang mengambil flashdisk yang ditemukan di jalan.

Berdasarkan hasil penelitian itu, dari 48% korban yang mengambil flashdisk di jalan langsung menancapkannya ke komputer miliknya.


Tanpa disadari, dalam flashdisk itu sudah ada virus Trojan yang bisa menginfeksi komputer walau sedang dalam keadaan offline.


Dalam beberapa kasus, para hacker menggunakan trik ini untuk membobol data penting dari komputer milik seseorang, seperti password, nomor rekening, dan informasi pribadi.

Selain menyebarkan virus, ada yang lebih berbahaya lagi, yaitu USB killer. Konsep USB killer yang dikembangkan oleh Dark Purple mampu menghancurkan suatu komputer lewat aliran listrik yang sangat besar yang terkandung di dalam flashdisk.

Jadi, jangan pernah sekali-kali mengambil flashdisk yang ditemukan di jalan atau tempat lainnya jika tidak ingin mengalami kejadiaan naas.
Lainnya

Tags:

Pengetahuan Teknologi
Terbaru
X