Responsive Ad Slot

5 Aturan Mencharger Smartphone Yang Wajib Dipatuhi

Anda wajib mematuhi aturan-aturan mencharger smartphone berikut ini.
by Fasya Zulfah /

Selasa, 20 Desember 2016

Ilustrasi (Foto: ledaily.mg)

Di zaman modern seperti ini, siapa sih yang tidak punya smartphone? Selain digunakan sebagai alat komunikasi dan informasi, smartphone juga dapat digunakan sebagai hiburan.

Sebagian orang mungkin banyak yang tak terlalu memperhatikan ketika smartphone tersebut habis baterai dan mencharge dengan asal-asalan saja. Selama ini banyak pengguna smartphone yang salah dalam tata cara mencharge smartphone miliknya.

Hal itu dapat menyebabkan baterai handphone rusak atau menurunnya performa baterai sehingga tak jarang yang mengeluhkan baterai cepat habis. Untuk itu, Anda wajib mematuhi aturan-aturan mencharger smartphone berikut ini.

1. Jangan Charge Handphone Semalaman

Selama ini banyak yang mencharge handpone sambil tidur. Hal ini memang tidak akan membuatmu menunggu, karena ketika kamu terbagun baterai handphone otomatis sudah terisi penuh. Tapi hal ini akan menyebabkan baterai handphone kamu kelebihan daya dan menjadi panas, bahkan bisa menyebabkan baterai meledak.

2. Jangan Tunggu Baterai 0% Ketika Akan Dicharge

Hal ini masih banyak dilakukan oleh para pengguna smartphone karena merasa masih ada beberapa persen sisa baterai sehingga menunggu smartphone benar-benar mati. Namun, pada setiap smartphone memiliki batas cycle atau batasan berapa kali handphone harus dicharge dalam sehari. Ketika baterai handphone digunakan hingga 0%, hal itu dapat menyebabkan performanya menurun.

3. Jangan Menggunakan Handphone Saat Sedang Dicharge

Kebanyakan penyebab baterai bocor atau jadi cepat habis daya karena Anda sering menggunakan handphone ketika sedang dicharge. Selain itu, hal ini juga dapat menyebabkan Anda kesetrum karna aliran listrik yang tersambung pada handphone.


4. Jangan Mencharge di Atas Kasur

Terlalu lama meletakan handphone dalam keadaan sedang dicharge di atas kasur dapat menyebabkan handphone mengeluarkan panas yang berlebihan pada baterai. Bahkan dapat menyebabkan ledakan yang melukai diri kita. Sebelumnya sudah banyak kejadian meledaknya handphone hingga membakar kasur, bayangkan apabila kita sedang tertidur dan hal ini terjadi, tentu nyawa kita menjadi taruhannya bukan?

5. Jangan Mencharge Menggukan Charger Bajakan

Menggunakan charger bajakan dapat merusak colokan input handphone anda menjadi rusak begitu pula baterainya. Karena output yang dihasilkan oleh charger bajakan tidak memenuhi kapasitas handphone tersebut. Sehingga daya yang mengisi baterai tidak sesuai dengan semestinya.
loading...
Anda Mungkin Suka?
Loading...
Paling Baru
Copyright © 2017 Wow Menariknya
X