4 Asupan Sehari-Hari Yang Menyebabkan Bau Mulut

Kamis, 15 Desember 2016
Steak (Foto: glencoeholidays.co.uk)

Kamu selalu rajin menggosok gigi, memakai obat kumur, atau semprotan penyegar nafas, namun bau mulut kamu tak kunjung hilang? Bisa jadi penyebabnya adalah makanan yang Anda konsumsi setiap harinya.

Makanan berpengaruh besar dalam menjaga kesegaran mulut Anda. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan asupakan makanan setiap harinya. Sayangnya, banyak orang tidak tahu beberapa makanan ternyata bisa menyebabkan bau mulut. Berikut asupkan sehari-hari yang bisa menyebabkan bau mulut.

1. Keju

Asam amino dalam keju dan produk olahan susu lainnya dapat bereaksi dengan bakteri di dalam mulut, kemudian memproduksi komponen sulfur tidak stabil yang menyebabkan bau mulut.

Maka dengan memakan keju memungkinkan mulut Anda jadi bau. Selain itu, keju juga mudah tersangkut pada gigi yang dengan mudah menyebabkan gigi Anda bolong jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

2. Kopi

Bagi sebagian orang, meminum kopi di pagi hari adalah hal yang sangat penting. Tetapi kandungan kafein pada kopi akan memperlambat produksi air liur sehingga bakteri semakin banyak berkembang biak dan melepaskan gas pemicu bau mulut.

Untuk mencegahnya segeralah menggosok gigi setelah meminum kopi dan minum segelas air mineral untuk menetralisirnya.


3. Steak

Pada daging merah yang disajikan berbentuk steak mengandung protein yeng terbentuk dari asam amino. Mirip dengan produk olasan susu, nutrisi ini tentu bisa bereaksi dengan bakteri. Dan mengonsumsi daging menghasilkan lebih banyak komponen sulfur dibandingkan dengan seiris keju atau semua olahan produk susu.

4. Rokok

Walau rokok bukan makanan, tapi bagi sebagian orang, rokok sudah seperti sesuatu yang wajib seperti makanan. Tak bisa dipungkiri lagi, rokok memang bisa menyebabkan bau mulut.

Kebiasaan menghisap rokok adalah sumber dari bau mulut yang tidak sedap. Selain mulut, pakaian yang kamu kenakan juga mudah terkena bau akibat asap rokok yang sangat pekat dan tangan kamu pun akan bau seperti rokok. Selain mendapat bau kandungan nikotin pada rokok akan membuat gigi kamu kuning dan menghilangkan senyum indah di wajahmu.