Tahu Tidak Betapa Berbahayanya Minum Air Laut?

Ilustrasi berenang di pantai (Foto: jeffreysbaynews.wordpress.com)

Semua orang pasti tahu air laut memiliki rasa yang sangat asin. Tapi sangat sedikit yang tahu apa bahayanya jika kita sampai menelan air laut. Antara air biasa dan air laut jelas memiliki perbedaan yang sangat jauh walau sama-sama air.

Saat kita berenang di pantai, terkadang kita tak sengaja menelan air laut. Sudah pasti rasanya sangat asin, tapi bagi yang tidak tahu pasti menganggap menelan air laut itu baik-baik saja. Namun sebenarnya, air laut sangat berbahaya bagi tubuh karena dan bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan.

Hal itu dikarenakan air laut mengandung kadar garam yang sangat tinggi. Dan ketika garam itu masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan menolaknya karena kadar garamnya terlalu tinggi. Berikut beberapa bahaya jika kita menelan air laut.

3. Keracunan

Air laut ternyata bisa berubah jadi racun ketika masuk dalam tubuh manusia. Biasanya ini sangat berpengaruh besar pada anak-anak karena sistem kekebalan tubuhnya masih lemah. Anak-anak biasanya akan mual dan muntah-muntah, atau mengalami demam laut ketika mereka tak sengaja menelan air laut.

2. Gagal ginjal

Garam bisa merusak ginjal jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Sementara air malah melakukan kebalikannya, yaitu dapat menyehatkan ginjal. Namun bagaimana dengan air laut?

Tentu saja air laut malah dapat merusak ginjal karena kadar garam di dalamnya sangat tinggi. Pada akhirnya ginjal akan mengalami pengerutan dan bahkan sampai bisa menyebabkan gagal ginjal.

1. Dehidrasi

Sejatinya air bisa menghilangkan rasa haus, tapi sebaliknya air laut bisa membuat tubuh seseorang dehidrasi. Sebab, kadar garam itulah yang membuat tubuh merasa haus dan dehidrasi. Akibatnya, bibir dan tenggorokan jadi kering.
X