Seperti Ini Jadinya Jika Bandar Udara Berdekatan Dengan Pantai

Pesawat lepas landas dekat pantai (Foto: YouTube)

Rata-rata bandar udara terletak di pusat perkotaan dengan lapangan lepas landas yang sangat luas untuk menghindari tekanan udara yang kuat yang dihasilkan oleh jet pesawat terbang. Namun apa jadinya jika ada bandar udara bertetanggaan dengan pantai yang banyak turisnya?

Bandar Udara Internasional Putri Juliana yang terletak di Saint Martin, di timur laut Kepulauan Karibia ini berdekatan sekali dengan pantai yang banyak dikunjungi wisatawan. Setiap kali ada pesawat yang lepas landas, maka tekanan udara yang dihasilkan oleh jet pesawat akan menghempas para pengunjung di pantai tersebut.

Karena bandara ini hanya memiliki panjang 2,3 km, pilot harus mendekatkan pesawat di dekat pantai untuk mulai lepas landas. Dan berbahayanya lagi, banyak turis yang coba-coba berdiri di belakang mesin jet pesawat meski sudah banyak peringatan untuk tidak melakukan hal seperti itu.

Seperti dalam video di bawah ini di mana beberapa turis sengaja berdiri di area yang terkena hempasan angin yang dihasilkan jet pesawat. Karena tekanan udaranya sangat kuat, alhasil para turis itu terhempat ke lautan.


Kemudian pada tahun 2012 seorang wanita harus dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami luka serius di kepalanya sebagi akibat terhempas oleh jet pesawat.


Kalau berkunjung ke pantai ini, jangan berani coba-coba berdiri di belakang jet pesawat yah!
X