Kenapa Smartphone Bentuknya Selalu Persegi Panjang?

Smartphone (Foto: getex.com)

Smartphone sudah menjadi bagian inti dalam kehidupan masyarakat modern. Hampir setiap waktu kita selalu menghabiskan waktu bermain smartphone tanpa mengenal lelah. Tapi pernahkah Anda membayangkan kenapa smartphone sekarang bentuknya selalu persegi panjang, kenapa tidak bulat?

Pertanyaan yang sederhana tapi cukup sulit dijawab jika tidak tahu asal mulanya. Ya, ada alasannya kenapa hampir semua smartphone bentuknya persegi panjang, tidak bulat ataupun kotak. Simak sejarahnya seperti dilansir Wow Menariknya dari Wittyfeed.com.

Awal mula kenapa rata-rata ponsel berbentuk persegi panjang karena keypad, layar, mikrofon, antena, dan sebagainya harus ditempatkan pada posisi yang tepat sehingga bisa memudahkan para penggunanya.

Bentuk persegi panjang memberi kesan maksimum kepada para pengguna smartphone dan juga mudah untuk diakses.

(Foto: Wittyfeed.com)

Manusia pada dasarnya dapat melihat hal-hal yang nyaman berdasarkan aspek rasio. Dan standar rasio yang bisa menyamankan penglihatan manusia adalah 16:9.

Buktinya ketika kita melihat simetri huruf atau karakter, kita lebih nyaman melihat mereka pada layar berbentuk persegi panjang. Bayangkan jika bulat, mungkin Anda akan dibuat pusing.

Selain itu, bentuk persegi panjang akan membuat apa yang ditampilkan di layar ponsel tidak akan keluar dari frame, tapi kalau bentuknya bulat, sebagian yang tampil di layar akan keluar dari frame.

Dalam ilmu matematika, persegi panjang dianggap lebih luas dibandingkan dengan lingkaran atau segitiga. Karena hal itulah persegi panjang memperoleh ruang yang lebih banyak dibandingkan lingkaran.

Begitulah alasan logis kenapa smartphone bentuknya selalu persegi panjang, tidak persegi, bulat, atau segitiga. Kesimpulannya, persegi panjang bisa membuat para penggunanya nyaman saat menggunakan ponsel.
X