Kenapa Jepang Sering Sekali Diguncang Gempa?


Pada hari Selasa (22/11/2016) kemarin, gempa berkekuatan 7,4 skala Ritcher mengguncang timur laut Jepang dekat prefektur Fukushima. Menurut badan meterolorgi Jepang, gempa terjadi sekitar pukul 06.00 waktu setempat.

Gempa tersebut mengharuskan pemerintah Jepang untuk mengeluarkan peringatan awal tsunami setelah datangnya ombak setinggi 3 meter. Selain itu, gempa berkekuatan 9 SR yang menyebabkan gelombang tsunami besar juga melanda Jepang pada tahun 2011 lalu.

Lalu pernahkah Anda bertanya-tanya kenapa di Jepang sering sekali terjadi gempa yang menyebabkan tsunami? Ya, jika diamati dalam beberapa tahun terakhir, Jepang merupakan negara yang paling sering diguncang gempa.

Cincin Api Pasifik (Foto: Wittyfeed)

Alasannya karena Jepang terletak di sepanjang Cincin Api Pasifik, yang berarti daerah tersebut sering mengalami gempa bumi.

Dilansir Wow Menariknya dari Wittyfeed, Cincin Api Pasifik ini merupakan zona imajiner yang memiliki bentuk seperti sepatu kuda yang mengikuti tepi Samudera Pasifik. Dan di zona ini merupakan yang paling banyak terjadi gempa bumi dan gunung berapi meletus.


(Foto: Wittyfeed)

Zona tersebut terbentuk karena lempeng tektonik di bawah Laut Filipina bertabrakan dengan lempeng tektonik Samudera Pasifik.

Dan negara Jepang, posisinya berada di sepanjang Cincin Api, sehingga tak heran jika sering terjadi gempa di Negeri Matahari Terbit itu.

Rata-rata gempa yang terjadi di zona Cincin Api memiliki kekuatan 7 SR lebih dan pusat gempanya berada di bawah laut, serta gempa buminya harus dangkal.
X