Intip Foto-Foto Robert Wadlow, Manusia Tertinggi Sepanjang Masa

Robert Wadlow (Foto: Mashable)

Pada 22 Februari 1918, Robert Wadlow lahir ke dunia ini dalam keadaan normal dengan berat tubuh 3,9 kg. Namun saat ulang tahun pertamanya, pria asal Illinois itu tumbuh pesat dengan tinggi tubuh mencapai 1 meter dan berat tubuh jadi 20 kg.

Tubuhnya semakin bertambah tinggi seiring bertambahnya usia. Bahkan di usia delapan tahun, Wadlow sudah memiliki tinggi tubuh melebihi ayahnya. Dan saat usianya 13 tahun, tinggi badannya mencapai 2,2 meter hingga ia dijuluki Anak Pramuka tertinggi di dunia.

Pertumbuhan tak biasa yang dialami Wadlow disebabkan oleh kelenjar hipofisis hiperaktif. Hingga pada tahun 1937 ketika usianya baru 19 tahun, ia sudah memecahkan rekor dunia sebagai manusia tertinggi di dunia dengan tinggi tubuh mencapai 2,5 meter.

Karena kondisinya itu, Wadlow tidak bisa berjalan dengan normal, ia harus menggunakan tongkat dan penyangga kaki untuk berjalan.

Pada tahun 1940, Wadlow menderita infeksi parah pada bagian pergelangan kakinya. Dia meninggal dunia pada 15 Juli 1940 di usianya yang baru menginjak 22 tahun.

Walau sudah meninggal, Wadlow sampai sekarang dikenal sebagai manusia tertinggi sepanjang sejarah.






Photo Credit: Mashable
X