Inilah Senjata Paling Mematikan Milik Kerajaan Majapahit Yang Ditakuti

Cetbang (Foto : boombastis.com)
Masih ingat pelajaran sejarah? Yang kita tahu para pejuang pada masa itu mengusir dan melawan penjajah menggunakan perlengkapan sederhana seperti bambu runcing. Bangsa Indonesia mulai bisa mengusir penjajah setelah mendapatkan persenjataan dari musuh.

Namun sebenarnya jauh sebelum para penjajah dari Eropa datang, para pendahulu kita dari Kerajaan Majapahit telah memiliki senjata yang sangat mematikan. Senjata ini disebut Cetbang yang mirip senapan api mirip bazooka yang mampu meledak setelah diisi bubuk mesiu ciptaan ahli kerajaan.

Ide pembuatan dari senjata api mematikan ini tak lain adalah dari patih paling berjaya saat itu, yakni Gajah Mada. Gajah Mada ternyata ahli dalam bidang persenjataan dan menguasai banyak teknik pembuatan senjata sehingga ia membuat senjata api yang dapat menimbulkan kerusakan besar yang dinamakan, cetbang.

Cetbang (Foto: boombastis.com)

Cetbang ini mulai meningkat reputasinya saat pemerintahan Tribuan Tunggadewi dan dibuatlah Cetbang dalam berbagai ukuran mulai dari 1 meter hingga 3 meter.

Semua disesuikan apakah senjata tersebut akan dibawa oleh prajurit seorangan atau disimpan di armada kapal.

Kemampuan cetbang sangatlah mengagumkan. Para tentara dan saudagar Portugis terus menerus memperbaharui persenjataannya agar dapat melawan Cetbang.

Meski pernah terkenal dan mengagumkan di masanya, kini cetbang hanyalah benda sejarah semata. Tak ada generasi yang mau mengembangkan senjata api berbahaya ini.

Usai runtuhnya kerajaan Majapahit, Cetbang pun ikut runtuh. Jika Anda tertarik untuk melihat Cetbang secara langsung, Anda bisa melihatnya di The Metropolitan Museum of Art, Amerika.

Sumber: Boombastis
X