Gaiola, Pulau Indah Yang Mengutuk Setiap Pemiliknya

Pulau Gaiola (Foto: elitereaders.com)

Banyak orang kaya raya yang rela menghabiskan banyak uang demi membeli sebuah pulau pribadi. Tapi tidak ada seorang konglomerat pun yang berani membeli pulau indah yang terletak di dekat teluk di Naples, Italia ini.

Bukan karena harganya yang terlalu mahal, tapi karena Pulau Gaiola atau dalam bahasa Itali-nya Isola della Gaiola ini konon akan mengutuk siapa saja yang berani menghuninya. Menurut cerita warga setempat, beberapa orang yang pernah membeli pulau itu dikabarkan tertimpa nasib buruk hingga kematian.

Pulau yang juga dikenal dengan nama Euplea itu merupakan reruntuhan dari kerajaan Roman dulu. Sejenak dilihat, pulau itu memang indah, tapi ada cerita kelam di balik keindahan pulau tersebut yang dimulai pada abad ke-19.

(Foto: elitereaders.com)

Sebelumnya, di pulau itu tidak ada villa mewah atau rumah-rumah. Tapi hanya ada lahan kosong yang cukup untuk mendirikan sebuah bangunan megah.

Suatu ketika, pulau itu pernah dimiliki oleh seorang pertapa yang dijuluki "The Wizard (tukang sihir)."

Dia menggantungkan hidupnya pada nelayan yang bersedia memberinya makan untuk bertahan hidup. Tidak ada kisah lain dari pertapa itu, hingga akhirnya ia meninggalkan pulau tersebut tanpa jejak.

(Foto: elitereaders.com)

Sejak pertapa itu meninggalkan Pulau Gaiola, pulau tersebut dimiliki oleh seorang pria asal Swiss bernama Hans Braun, pada tahun 1920-an. Kemudian villa pun dibangun di atas pulau tersebut, dan dari sini kutukan dimulai.

Pria itu ditemukan tewas dibunuh dengan tubuhnya dibungkus oleh karpet. Tak lama kemudian istrinya juga meninggal tenggelam di laut.

Lalu pulau itu dimiliki oleh pria asal Jerman bernama Otto Grunback, yang meninggal secara mendadak karena serangan jantung ketika tinggal di pulau itu.

(Foto: elitereaders.com)

Kutukan terus saja berlanjut. Seorang pengusaha farmasi bernama Maurice-Yvez Sandoz adalah korban selanjutnya. Dia sebagai pemilik selanjutnya tidak meninggal di pulau itu, tapi karena bunuh diri di rumah sakit jiwa di Swiss.

Meski sudah ada empat orang meninggal karena tinggal di pulau itu, tapi masih saja banyak orang yang menginginkan pulau tersebut.

Pemilik selanjutnya adalah pengusaha baja asal Jerman bernama Baron Karl Paul Langheim. Ia juga sama-sama meninggal di pulau itu, tapi tidak diketahui secara jelas apa penyebabnya.

(Foto: elitereaders.com)

Korban selanjutnya adalah seorang pengusaha kaya bernama Gianni Agnelli. Dia diketahui hanya memiliki satu anak laki-laki dan meninggal karena bunuh diri tak lama setelah mewariskan hartanya pada keponakannya. Dan kemudian keponakannya juga meninggal karena kanker langka di usia 33 tahun.

Kutukan masih belum selesai, Paul Getty, pemilik perusahaan Getty Oil juga membeli pulau itu. Tak lama kemudian, cucunya diculik dan pelakunya meminta tebusan. Setelah Paul membayar tebusan, cucunya datang dengan keadaan trauma berat. Namun mereka dikabarkan tidak meninggal.

Paul Getty mungkin jadi pemilik terakhir Pulau Gaiola. Dan sampai sekarang pulau tersebut tidak berpenghuni dan tidak ada yang berani lagi membelinya.

Kalau gratis, kamu mau tinggal di pulau itu?
X