Bahaya, Air Laut Bisa Naik Sampai 3 Meter Gara-Gara Ini

Ilustrasi (Foto: scrivial.com)

Gletser besar di Antartika mengalami pergerakan sendiri yang dapat menyebabkan keruntuhan es besar. Akibatnya, permukaan air laut bisa naik sampai 10 kaki (3 meter) di seluruh dunia.

Seperti dilansir Metro, Rabu (30/11/2016), peneliti di Ohio State University menemukan sesuatu mengkhawatirkan pada gambar satelit yang menunjukkan retakan di dasar lapisan es, 20 mil dari pantai.

"Keretakan biasanya terbentuk pada perbatasan dari sebuah bongkahan es, di mana es tipis dan subjek keretakan memotong sampai terpisah," kata Ian Howat, salah satu peneliti dari Ohio State University.

(Foto: Metro)

Ia menambahkan tidak diketahui kapan lapisan es di Antartika Barat akan benar-benar mencair yang dapat berdampak pada kehidupan makhluk hidup di seluruh dunia.


Menurut sebuah studi, lapisan es di Antartika Barat sangat tidak stabil dan mungkin bisa saja runtuh dalam 100 tahun ke depan.

Keruntuhan es itu akan menyebabkan permukaan air laut naik sampai 10 kaki yang bisa menenggelamkan kota-kota besar di Amerika Serikat, seperti New York dan Miami.

Sekitar 150 juta orang dari seluruh dunia terpaksa akan tinggal di pantai jika seandainya bencana ini benar-benar terjadi.
X