Aneh, Air Danau Terbesar Di China Ini Menghilang

(Foto: Viral Nova)

Sebuah danau air tawar terbesar di China menghilang hanya dalam hitungan minggu. Semua air danau menyusut begitu saja tanpa diketahui penyebabnya.

Kurangnya curah hujan sejak September lalu membuat Danau Poyang yang terletak di utara Provinsi Jiangxi, China, berubah jadi padang rumput yang memungkinkan warga untuk berjalan di atasnya.

Menurut Otoritas Cagar Alam Nasional Jiangxi Poyang, seperti dilansir The Wheather Channel (9/11/2016), Danau Poyang merupakan danau terbesar dengan luas tiga kali lebih besar dari Los Angeles, yaitu sekitar 1.737 mil persegi.

(Foto: Viral Nova)

Namun menurut Enclylopedia Brittanica, ukuran danau yang besar membuat danau itu berfluktuasi secara musiman dan terdiri dari sistem danau dan rawa-rawa.

Karena terhubung ke Sungai Yangtze, Danau Poyang sangat kaya akan air tawar dan udangnya. Namun sejak 3 November lalu, air danau menyusut setinggi 34,8 kaki.

(Foto: Viral Nova)

Kekeringan di Danau Poyang menjadi bencana bagi industri perikanan lokal, serta petani padi yang bergantung pada air danau.

Sementara itu tidak diketahui secara pasti bagaimana bisa air danau seluas itu bisa menghilang hanya dalam hitungan minggu.
X