6 Potret Derita Muslim Rohingya

Muslim Rohingya Myanmar (Foto: AFP)

Etnis Muslim Rohingya kembali mendapat serangan dari pemerintah Myanmar. Sejak Oktober lalu, dilaporkan ada 100 lebih warga Rohingya yang tewas, ratusan ditahan di penjara, dan ratusan ribu pengungsi dibiarkan tanpa makanan.

Dilansir BBC, baru-baru ini militer Myanmar mengaku telah menembak mati setidaknya 25 orang di  desa-desa Muslim Rohingya di kawasan Rakhine, Minggu (13/11). Korban tewas itu juga termasuk perempuan dan anak-anak.

Myanmar memang punya sejarah panjang kenapa mereka sangat membenci sekali etnis Rohingya. Bahkan sudah lama minoritas Muslim di negara bagian Rakhine itu tidak diakui sebagai warga negara.

Oleh karena itu, warga Rohingya kehilangan hak untuk menikah, tidak bisa mendapat pendidikan yang layak, dan bahkan beribadah pun dilarang.

Tentara Myanmar juga membakar sekitar 430 rumah warga Rohingya, menurut citra satelit yang dipublikasikan oleh lembaga HAM, Human Rights Watch.


Banyak kepala keluarga yang kehilangan rumahnya dan tidak tahu harus kemana. Kebanyakan warga Rohingya melarikan diri ke Bangladesh untuk mencari perlindungan dari kekejaman tentara Myanmar.

Berikut ini ada beberapa foto yang sudah dihimpun Wow Menariknya dari berbagai sumber yang menunjukkan penderitaan etnis Muslim Rohingya.

1. Migran Rohingya terlihat mencari pertolongan saat berada di perahu yang hanyut di perairan Thailand, pada 14 Mei 2015.

(Foto: Time)

2. Warga Rohingya sedang beristirahat di dalam tempat penampuangan di Aceh, Indonesia, pada 11 Mei 2015.

(Foto: Reuters)

3. Rumah-rumah warga Rohingya di kawasan Rakhine dibakar oleh tentara Myanmar agar mereka menderita.

(Foto: AFP)

4. Anak-anak Muslim Rohingya sedang berdoa setelah melakukan ibadah sholat di Negara Bagian Arakan, Mynmar.

(Foto: about.com)

5. Sorang anak migran Rohingya sedang bersiap menerima bantuan makanan di Langsa, Aceh, Indonesia.

(Foto: AP)

6. Ribuan migran Rohingya harus berdesak-desakan di dalam kapal untuk melarikan diri dari Myanmar.

(Foto: AFP)

X