5 Negara Ini Akan Lenyap Jika Diguncang Gempa Bumi Besar

Ilustrasi Jakarta tenggelam

Bencana alam menjadi ancaman bagi manusia mengingat perubahan iklim global besar-besaran. Setiap tahunnya ada banyak sekali gempa bumi yang terjadi di berbagai belahan dunia. Hal itu membuktikan bahwa kerak bumi terus bergeser sedikit demi sedikit.

Menurut sebuah studi ilmiah, para ilmuwan telah mengamati beberapa negara di dunia yang mungkin saja lenyap jika seandainya diguncang gempa bumi dalam skala besar. Sebab, negara-negara tersebut terletak di posisi yang tidak menguntungkan saat terjadi gempa.

Berikut negara-negara yang kemungkinan besar akan lenyap jika diguncang gempa bumi dahsyat. Indonesia merupakan salah satunya.

5. Jepang

(Foto: Wittyfeed)

Jepang adalah negara yang paling sering dilanda gempa bumi dan tsunami karena posisi geografis negara tersebut terletak di sepanjang Cincin Api Pasifik. Selain itu, Jepang dikelilingi oleh lautan yang membuat Negeri Sakura ini rentan sekali diterjang tsunami jika ada gempa bumi.

4. Nepal

(Foto: Wittyfeed)

Menurut survei, penduduk Nepal kemungkinan besar banyak warganya yang terbunuh karena gempa bumi bukan karena perang atau lainnya. Alasannya karena di Nepal banyak sekali pegunungan yang tercipta sebagai akibat dari lempeng tektonik India bergerak di bawah Asia Tengah. Dua lempeng besar ini bergabung setiap tahunnya dengan tingkat 4-5cm.

3. India

(Foto: Wittyfeed)

Karena lempeng tektonik bergeser pada tingkat 44mm per tahunnya, India sering mengalami serangkaian gempa bumi yang mematikan. India sendiri pernah mengalami gempa bumi paling mematikan sepanjang sejarah yang terjadi di Gujarat.

2. Ekuador

(Foto: Wittyfeed)

Ekuador terletak di zona seisimik, antara Amerika Selatan dan lempeng Nazca, yang membuat negara ini rentan diguncang gempa bumi besar. Gempa terbaru terjadi di Ekuador pada Agustus 2014 lalu yang mengguncang ibu kota Quito dengan kekuatan mencapai 6,8 SR.

1. Indonesia

(Foto: Wittyfeed)

Indonesia juga berada di posisi yang sangat genting ketika terjadi bencana alam seperti gempa bumi. Selain itu, gempa bumi di Indonesia juga berpotensi menimbulkan tsunami jika seandainya pusatnya berasal dari dalam laut

Terbukti pada tahun 2004 lalu, gempa bumi dan tsunami besar memporak porandakan wilayah Aceh dan sekitarnya. Kemudian gempa bumi besar yang terjadi di Tasikmalaya pada tahun 2009 lalu. Hal itu mengingatkan bahwa Indonesia bisa saja lenyap karena bencana alam.

X