5 Manfaat Minum Air Hangat Di Pagi Hari Yang Jarang Diketahui

Ilustrasi minum air hangat (Foto: lifehack.org)

Secangkir kopi atau teh dirasa lebih cocok untuk diminum ketika pagi hari dibanding dengan segelas air putih hangat. Namun ternyata segelas air hangat di pagi hari lebih bermanfaat dibanding dengan kopi, teh atau segelas air dingin.

Penelitian menunjukkan bahwa minum air hangat saat perut kosong memberikan manfaat yang begitu menakjubkan. Stella Metsovas, seorang ahli gizi klinis dan ahli kesehatan media dalam Ilmu Pangan dan Gizi, mengatakan, "Dokter merekomendasikan minum air hangat di pagi hari ditambah dengan lemon atau ditambahkan dengan teh terbukti dapat menurunkan aktivitas radikal bebas dalam tubuh."

Minum air hangat meningkatkan pengetatan usus, dan ini membantu pencernaan dan mengatur gerakan usus. Selain itu ada beberapa manfaat lain dari meminum air hangat di pagi hari. Berikut adalah lima manfaat yang akan terjadi pada tubuhketika Anda mulai minum air hangat di pagi hari, yang dikutip dari Lifehack.org.

1. Dapat Meredakan Nyeri Haid

Mengalami kram perut atau nyeri haid mungkin akan dialami oleh setiap wanita pada setiap datang bulan. Anda bisa mulai mencoba meredakan rasa nyeri dengan minum air putih hangat. Sebab, air putih hangat dapat membantu meredakan kram perut karena bisa meningkatkan sirkulasi pembuluh darah kapiler dan merilekskan otot-otot di dalam tubuh.

2. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Anda sedang berusaha menurunkan berat badan? Anda bisa mencoba lebih rutin minum air hangat di pagi hari. Air hangat bisa meningkatkan suhu tubuh yang kemudian dapat meningkatkan laju metabolisme. Meningkatkan aktivitas metabolisme tubuh ini membuat tubuh jadi lebih mudah membakar kalori sepanjang hari.

3. Menjaga Sistem Pencernaan Tubuh

Dengan rutin meminum air hangat di pagi hari, sistem pencernaan tubuh akan lebih terjaga. Tubuh bisa mencerna makanan dengan lebih baik dan mengeluarkan racun-racun dalam tubuh.

Setelah makan pun sebaiknya minum air hangat dan bukan air dingin. Karena air dingin hanya akan memadatkan minyak dan lemak pada makanan yang baru kita makan. Sehingga penumpukan lemak akan lebih susah dicerna oleh tubuh.

4. Dapat Memperlancar Sirkulasi Darah

Tumpukan lemak di dalam tubuh bisa luntur saat kita minum air hangat. Saat racun dalam tubuh bisa dikeluarkan, maka sirkulasi darah bisa makin lancar. Air hangat juga bisa membantu merilekskan otot-otot tubuh dan membuat tubuh terasa lebih nyaman.

5. Dapat Mencegah Sembelit

Dengan rutin minum air hangat di pagi hari juga bisa membantu mengatasi masalah konstipasi atau susah buang air besar. Karena biasanya masalah konstipasi ini muncul karena tubuh kekurangan cairan. Jadi penting untuk memastikan tubuh mendapatkan cairan yang dibutuhkan agar tidak mengalami masalah susah buang air besar.
X