5 Helikopter Tempur Paling Mematikan Di Dunia

Bell AH-1Z Viper (Foto: wonderslist.com)

Setiap angkatan militer udara pasti memiliki pesawat jet tempur untuk memperkuat dan menjaga wilayah udara mereka. Selain pesawat jet tempur, hampir semua angkatan udara juga menggunakan helikopter yang dikhususkan untuk bertemur dan melakukan misi.

Berbicara soal kecanggihan helikopter tempur, sudah pasti semuanya dimiliki oleh negara-negara super power seperti Amerika Serikat, Rusia, dan China. Helikopter tempur mereka dilengkapi dengan persenjataan lengkap dan canggih yang membuat mereka sangat mematikan di udara.

Langsung saja, berikut lima helikopter paling mematikan di dunia yang mampu menghancurkan musuh-musuhnya dalam sekejap, seperti dihimpum Wow Menariknya dari Wonderslist.

5. Z-10 (China)

(Foto: wonderslist.com)

China memiliki helikopter tempur yang mematikan, yaitu Z-10 yang dibuat pada tahun 2008. Senjata yang dimiliki helikopter ini diantaranya senjata mesin yang berada di bagian depan, merisam 30mm, rudal anti-tank HJ-9, dan rudal TY-90. Z-10 juga dapat membawa roket acreage.

4. Bell AH-1Z Viper (AS)

(Foto: wonderslist.com)

Bell AH-1Z Viper merupakan helikopter tempur milik Amerika Serikat yang memiliki mesin ganda, fleksibel, dan mampu melakukan segala macam misi. AH-1Z memiliki empat fitur canggih yang membuatnya begitu mematikan di udara, yaitu tidak memiliki bantalan peluru, memiliki sistem baling-baling utama, transmisi uprated, dan sistem penguncian target.

3. Mil MI-28H Havoc (Rusia)

(Foto: wonderslist.com)

NATO menyebut Mil MI-28H dengan sebutan Havoc. Helikopter milik Rusia ini bisa bertahan di segala macam cuaca dan memiliki senjata anti-armor. Helikopter yang membawa senapan mesin ini didedikasikan sebagai helikopter tempur yang mampu melawan banyak musuh di udara.

2. Kamov KA-50 (Rusia)

(Foto: wonderslist.com)

Helikopter yang dijuluki "Hiu Hitam" ini merupakan milik pasukan udara Rusia dengan sistem rotor coaxial. Kamov KA-50 dirancang pada tahun 1980 dan mulai beroperasi melayani Rusia pada tahun 1995.

KA-50 dirancang dengan desain badan yang kecil, cepat dan gesit untuk meningatkan serangan dan menghindari serangan musuh. Untuk perlengkapan senjata, helikopter ini dapat membawa 24 rudal Vikhr, 20 roket polong, dan juga mampu membawa rudal AA-11/R-73 Archer. Sedangkan dibagian kecepatan, KA-50 memiliki top speed 300 km per jam dengan radius tempur sejauh 250 km.

1. AH-64D Apache (AS)

(Foto: wonderlist.com)

Helikopter tempur jenis Boeing AH-64 Apache dikenal memiliki senjata anti-armor di mana setiap pelindung yang dimiliki pesawat musuh tidak akan berguna jika harus berhadapan dengan senjata milik helikopter mengerikan ini.

AH-64D Apache juga dikenal sebagai helikopter paling kuat dalam Perang Teluk. Selain itu, helikopter ini memiliki sistem pengendali kebakaran, rudal Hellfire 16 AGM-114, roket udara 70mm, dan meriam otomatis M230.
X