5 Fakta Terselubung Tentang Gedung Putih Yang Belum Diketahui

(Foto: The Richest)

White House atau Gedung Putih adalah rumah bagi Presiden Amerika Serikat yang terletak di Washington DC. Selain berfungsi sebagai pusat pemerintahan, Gedung Putih menyimpan sejuta cerita yang tidak diketahui banyak publik.

Dilihat dari arsitektur bangunannya, Gedung Putih bagaikan istana megah dan mewah. Tapi di samping itu, Gedung Putih bagaikan benteng yang mustahil untuk dihancurkan. Dan di dalamnya banyak rahasia yang hanya diketahui oleh orang-orang berkepentingan.

Berikut Wow Menariknya menghimpun dari The Richest tentang fakta-fakta terselubung Gedung Putih yang mungkin tidak diketahui banyak orang.

5. Gedung Putih Seharusnya Lebih Besar Lagi

(Foto: The Richest)

Ketika Gedung Putih sedang dirancang, arsitek Charles L'Enfant ingin sebuah rumah yang sangat mewah. Dia membayangkan kediaman presiden nantinya akan menjadi sebuah istana yang sangat megah seperti istana para bangsawan Perancis.

Namun, Presiden George Washington tidak menyukai desain Gedung Putih yang diusung oleh Charles. Hingga akhirnya Washington memecat Charles. Dan akhirnya, Gedung Putih diselesaikan sesuai rancangan James Hoban.

Rancangan Gedung Putih hasil Hoban, lima kali lebih kecil dibandingkan dengan rancangan Charles. Dan setelah Perang Saudara, Gedung Putih kehilangan gelarnya sebagai rumah paling mewah dan megah karena ketika itu mulai banyak dibangun gedung-gedung megah.

4. Gedung Putih Pernah Kebakaran

(Foto: The Richest)

Gedung Putih dirancangn dengan pengamanan yang sangat ketat. Jadi cukup mustahil jika Gedung Putih mengalami kebakaran besar. Namun nyatanya, Gedung Putih pernah terbakar pada 24 Desember 1929 dikarenakan arus listrik.

Api mulai berkobar di daerah loteng. Dan kebetulan ketika itu sedang ada pesta Natal di Gedung Putih. Api pun dengan cepat melantap seluruh bagian gedung. Ruangan pers merupakan yang paling parah.

3. Ada Arwah Presiden Abraham Lincoln Gentayangan Di Gedung Putih

(Foto: The Richest)

Ketika Perdana Menteri Britania Raya, Winston Chruchill tinggal di Gedung Putih dan tidur di kamar mendiang Presiden Abraham Lincoln, keesokan harinya Wisnton terburu-buru meninggalkan Gedung Putih.

Dia diduga telah melihat hantu Lincoln keluar dari bak mandi di kamar Lincoln. Winston memang pernah kembali lagi ke Gedung Putih, tapi ia menolak tidur di kamar Lincoln.

Winston ternyata bukan satu-satunya orang yang pernah melihat arwah Lincoln. Lady Grace Coolidge dan Mary Eben (sekretaris pribadi Eleanor Roosevelt) juga mengalami kejadian serupa. Mary Eben mengkalaim kalau Lincoln duduk di tempat tidurnya sambil memakai sepatu.

2. Terowongan Rahasia Di Gedung Putih Memang Ada

(Foto: The Richest)

Dalam film-film sering diceritakan kalau Gedung Putih memiliki terowongan rahasia yang menuju ke bunker. Dan faktanya, terowongan rahasia itu memang benar-benar ada.

Ada sebuah bunker yang terletak di bawah tanah berdampingan dengan Gedung Putih di bagian Timur. Untuk masuk ke dalam sana, diyakini ada pintu rahasia yang menuju ke sebuah terowongan rahasia yang ujungnya adalah bunker. Konon, bunker ini dibangun oleh Presiden Franklin D. Roosevelt setelah insiden Pearl Harbour.

1. Sistem Pengaman Yang Super Maksimum

(Foto: The Richest)

Berbicara keamanan di Gedung Putih memang sudah tak diragukan lagi. Tapi tahu tidak seperti apa sistem keamanan di Gedung Putih?

Bunker yang terletak di bawah Gedung Putih adalah salah satunya. Kemudian ada 147 senjata yang dipasang di beberapa jendela Gedung Putih. Dalam kata lain, setiap ruangan di Gedung Putih ada penjaga tak terlihat.

Selain itu, Gedung Putih memiliki sistem canggih yang mampu mencatat pesawat yang dianggap mengancam dan akan langsung mengeluarkan rudal anti-pesawat. Di bagian atap, ada penembak jitu yang tersebar di berbagai penjuru. Dan masih banyak lagi sistem keamanan Gedung Putih yang sangat canggih dan rahasia.
X