4 Bumbu Dapur Untuk Membuat Kulit Wajah Cerah Dan Sehat

(Foto: stylecraze.com)

Memiliki kulit wajah yang cantik, bersih, cerah dan sehat adalah dambaan semua orang. Bahkan sebagian orang, terutama wanita rela mengeruk kantong mereka untuk melakukan berbagai perawatan wajah demi mendapatkan wajah cerah dan sehat.

Lalu bagaimana bagi Anda yang juga mendambakan kulit cantik dan sehat namun tak sempat untuk melakukan perawatan? Sebenarnya ada cara mudah dan murah, yakni dengan memanfaatkan rempah-rempah yang biasa kita temukan di dapur.

Empat bahan dapur ini bisa Anda gunakan untuk mencerahkan kulit dengan cara yang mudah dan simpel. Simak ulasannya berikut ini.

1. Temulawak

(Foto : temulawak.org)
Selain berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit, temulawak juga terbukti dapat mencerahkan kulit wajah. Caranya adalah dengan meramunya dengan beras dan kunyit. Pertama, iris tipis temulawak dan kunyit yang telah dikupas kemudian campurkan dengan beras yang telah direndam selama 8 jam.

Setelah bahan tercampur, haluskan bahan-bahan tersebut kemudian bulatkan kecil-kecil lalu keringkan dengan sinar matahari langsung. Setelah kering, Anda dapat memanfaatkan bulatan tadi sebagai masker dengan cara mencampur beberapa bulatan dengan air hingga menjadi pasta.

2. Asam jawa

(Foto : aladokter.com)
Menurut penelitian, asam jawa dapat meningkatkan warna kulit dan menghilangkan noda di wajah. Kandungan dalam asam jawa juga mampu membuat kulit menjadi putih dan tampak segar. Cara memanfaatkan asam jawa untuk perawatan wajah sama seperti menggunakan masker.

Pertama tumbuk sepotong asam jawa hingga halus kemudian campur dengan sedikit susu untuk membuatnya sedikit cair, aduk hingga menjadi pasta kemudian terapkan pada wajah. Setelah kering, bersihkan dengan air hingga bersih.

3. Jahe

(Foto : rupawan.net)
Jahe mengandung zat berupa gingerol, shogaol, dan enzim zingibain yang berjhasiat untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah. Untuk mendapatkan khasiat tersebut, Anda dapat mencampurnya dengan buah delima.

Caranya, campurkan parutan jahe dengan air perasan delima, kemudian aplikasikan pada wajah dan diamkan kurang lebih 20 menit. Selanjutnya bersihkan dengan air hingga bersih.

4. Kunyit

(Foto : khasiatkunyit.org)
Kunyit ternyata kaya akan anti oksidan dan mampu mengangkat sel kulit matai sehingga dapat mencerahkan kulit wajah dan membuatnya terlihat bersih dan segar. Kunyit juga mampu meredakan iritasi akibat paparan sinar matahari dan mengatasi pigmentasi.

Untuk mendapatkan khasiat dari kunyit tersebut, Anda dapat mencampurkan kunyit bubuk dengan air mawar atau madu. Aduk hingga seperti pasta kemudian terapkan pada wajah seperti masker. Selain menjadi masker, kunyit juga dapat dimanfaatkan sebagai lulur untuk tubuh.
X