4 Benda Tercepat Yang Pernah Diciptakan Manusia

Pesawat NASA X-43 (Foto: NASA)

Kemampuan manusia dalam mengembangkan teknologi semakin lama semakin maju saja. Bahkan dengan kemajuan teknologi sekarang, manusia mampu menciptakan benda-benda berkecepatan tinggi.

Percaya atau tidak, benda-benda tersebut mampu menempuh jarak beberapa kilometer hanya dalam hitungan detik saja. Bayangkan ada benda ciptaan manusia yang bisa menempuh jarak 3,2 km hanya dalam 1 detik, percaya?

Jika tidak percaya, sebaiknya simak ulasan tentang benda-benda tercepat yang pernah diciptakan manusia, yang sudah Wow Menariknya rangkum untuk Anda.

4. Kereta Api Maglev

(Foto : ecozine.com)

Kereta api magnet merupakan jenis kereta api yang mengambang secara magnetik. Prinsip kereta api ini adalah memanfaatkan gaya magnet untuk mengangkat kereta sehingga mengambang, tidak menyentuh rel sehingga gaya gesek dapat dikurangi. Kereta Maglev juga memanfaatkan magnet sebagai pendorong sehingga mampu memperkecil daya dorong dan kecepatannya bisa sampai 600 km/jam.

3. Pesawat NASA X-43

(Foto : pinterest.com)

Nasa X-43 merupakan sebuah pesawat eksperimen hipersonik yang dirancang dengan banyak variasi skala dimaksudkan untuk mengetes aspek yang beragam dalam pernerbangan supersonik. Eksperimen buatan NASA initerbang dengan kecepatan mendekati 10 kali kecepatan suara. Kecepatan tertinggi pesawat jet ini adalah sekitar 11.300km/jam. Hanya dalam 10 detik pesawat ini dapat mencapai mach 9,2 yang berarti 3,2 km/detik.

2. Apollo 10

(Foto : history.nasa.gov)

Kecepatan Apollo 10 mencapai 40.000 km/jam. Hal ini menjadikan para pegendara Apollo 10 menjadi manusia yang pernah mengendarai kendaraan tercepat yang pernah dibuat manusia. Hanya dalam waktu 54 jam, para pengendara Apollo 10 dapat pergi pulang dari bumi menuju orbit bulan lalu kembali lagi menuju bumi. Sayangnya para astronot Apollo 10 tidak pernah berhasil menginjakkan kaki mereka di bulan.

1. Helios Probe

(Foto: pics-about-space.com)

Helios Probe memiliki 2 kali kecepatan revolusi bumi terhadap matahari. Kecepatan Helios Probe yang pernah tercatat adalah sekitar 68,7 km/detik, atau 247.500 km/jam. Helios Probe merupakan satelit yang mengorbit bumi, di mana satelit ini harus melaju di atas kecepatan 14.000 km/jam dalam ketinggian minimum, berada 300 - 1.500 km di atas permukaan bumi supaya tidak jatuh ke permukaan bumi dan harus dapat melawan kekuatan gravitasi bumi.

X