Seperti Ini Rumah Asli Dalam Uang Rp 10 Ribu

Rumah Limas di lembaran uang Rp 10.000 (Foto: Pulsk)

Anda pasti tahu gambar rumah yang terdapat pada uang kertas Rp 10.000. Tapi tahu tidak bahwa gambar rumah yang ada pada uang Rp 10 ribu itu benar-benar ada di dunia nyata?

Rumah di lembaran uang Rp 10 ribu merupakan rumah tradisional khas Sumatera Selatan yang disebut Rumah Limas. Rumah Limas di uang Rp 10 ribu itu terletak di Museum Balaputra Dewa, Palembang.

(Foto: Pulsk)

Pada zaman penjajahan Belanda, Rumah Limas difungsikan sebagai sebuah museum. Rumah ini sebagian besarnya terbuat dari kayu dan sengaja dibangun tanpa menggunakan paku, tetapi pakai pasak agar bisa dibongkar pasang.

(Foto: Pulsk)

Karena bisa berpindah tempat, rumah ini tercatat sudah berpindah tempat 8 kali sejak dibangun pertama kali oleh bangsawan Palembang bernama Pangeran Syarif Abdurrahman Al Habsi pada tahun 1836. Dan sekarang rumah itu sudah dijadikan museum.

(Foto: Pulsk)

Bagian dalam Rumah Limas ini seperti rumah pada umumnya, di mana ada ruang tamu, ruang tengah dan beberapa kamar tidur. Yang lebih menariknya lagi, suasana di dalam Rumah Limas sangat sejuk meski cuaca sedang panas.

Nah, jika berkunjung ke sini, pastikan Anda memotret Rumah Limas dengan selembar uang Rp 10 ribu biar mirip banget!
X