Pulau Sarinah, Pulau Indah Yang Terbentuk Dari Lumpur Lapindo

Pulau Sarinah (Foto : goodnewsfromindonesia.org)


Masalah meluapnya lumpur lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur, memang tak pernah ada habisnya. Walau sudah lebih dari 10 tahun, ternyata masih belum ada solusi untuk mengatasi permasalahan satu ini selain menahannya dengan tanggul dan mengalirkannya ke sungai setempat.

Hingga kini lumpur lapindo telah menenggelamkan berhektar-hektar lahan pertanian hingga perumahan warga. Tanggul-tanggul yang dibangun pun tak mampu lagi menahan lumpur sehingga lumpur disalurkan ke Sungai Porong.

Meski sangat merugikan masyarakat secara material, ternyata ada sebuah fenomena alam yang menakjubkan dari bencana lumpur tersebut, di mana ada sebuah pulau indah yang terbentuk akibat dari endapan lumpur lapindo.

Sebuah pulau indah muncul dari endapan lumpur di muara Sungai Porong. Pulau seluas 80 hektar ini terbentuk akibat sedimen-sedimen lumpur lapindo yang mengalir ke sungai selama bertahun-tahun.

(Foto: blogspot.com)

Pulau yang dinamakan Pulau Sarinah ini awalnya merupakan pulau yang gersang, namun beberapa warga berinisiatif untuk menanamkan beberapa pepohonan seperti bakau dan jenis pohon lainnya.

Kabarnya saat pagi hari atau saat matahari terbit pemandangan dari pulau ini sangatlah indah. Jika kita melihat hamparan pasir di Kuta, Bali, maka di sini kita akan disuguhi hamparan lumpur berwarna pekat.

Ternyata keindahan pulau ini menjadi daya tarik tersendiri yang menjadikannya sebuah obyek wisata baru di desa Tlocor, Kecamatan Jabon, Sidoarjo, Jawa Timur.
X