Ngeri, 5 Jamur Ini Memiliki Bentuk Yang Bikin Kulit Merinding

Jamur Otak (Foto: Listverse)

Jamur merupakan tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil. Jamur sangatlah unik karena memiliki struktur sel yang berbeda dengan tumbuhan pada umumnya. Cara hidup mereka juga berbeda yang membuat jamur seolah memiliki dunia sendiri.

Seperti yang kita tahu beberapa jenis jamur ada yang bisa dimakan, dan ada juga yang beracun. Di sisi lain, setiap jenis jamur memiliki bentuk yang beranekaragam. Bahkan sebagian jamur memiliki bentuk yang sangat mengerikan jika dilihat dengan mata telanjang, misalnya saja jamur berbentuk otak manusia.

Seperti dilansir Wow Menariknya dari Listverse, berikut beberapa jenis jamur yang memiliki bentuk paling mengerikan yang bisa membuat kulit Anda merinding ketika melihatnya.

5. Jamur Jari Tangan Manusia

(Foto: Listverse)

Sebagian besar jamur menghabiskan banyak waktu hidup di dalam tanah, sampai dalam waktu tertentu mereka menampakan diri ke permukaan tanah. Seperti jamur yang satu ini yang mirip seperti jari tangan manusia yang sudah mati.

Memiliki nama ilmiah Xylaria polymorpha atau jari-jari orang mati, jamur ini memiliki struktur berwarna hitam dan kulit yang keriput. Jika dilihat dari kejauhan, jamur ini terlihat seperti jari tangan manusia yang seolah mencoba bangkit dari dalam kubur.

4. Jamur Gigi Iblis

(Foto: Listverse)

Jamur bernama ilmiah Hydnellum peckii ini memiliki julukan yang banyak, seperti jamur gigi berdarah, strawberry dan krim, jus gigi merah, dan yang paling terkenal adalah gigi iblis. Yang unik dari jamur ini adalah cairan berwarna merah yang muncul pada bagian atas jamur tersebut.

Jamur ini biasanya hidup di pohon-pohon pinus yang melekat pada bagian akarnya, sehingga mampu menyerap nutrisi dari dalam tanah. Sementara itu, tidak diketahui mengapa jamur ini memiliki cairan berwarna merah, namun menurut analisis kimia, cairan tersebut mengandung atromentin, bahan kimia dengan sifat antikoagulan atau golongan obat yang dipakai untuk menghambat pembekuan darah.

3. Octopus Stinkhorn

(Foto: Flickr)

Clathrus archeri memiliki dua nama yang berbeda, yaitu Gurita Stinkhorn atau Jari Setan. Disebut demikian karena jamur ini memang memiliki daun yang menyerupai tentakel gurita, dan yang lebih uniknya lagi, jamur ini tumbuh dengan cara menetas seperti telur.

Namun jamur ini mampu mengeluarkan zat berbau busuk untuk menarik lalat dengan tujuan berkembang biak. Nantinya, lalat-lalat tersebut akan membawa spora jamur ini ke tempat baru. Kemudian spora itu akan tumbuh menyerupai telur sebelum jamur yang baru mulai menetas.

Walau bentuknya mengerikan, tapi di beberapa negara jamur ini dijadikan santapan lezat. Tapi tidak diketahui berapa harga masakan jamur ini.

2. Jamur Apple Pohon Cedar Berkarat

(Foto: Listverse)

Jamur yang satu ini memiliki siklus hidup yang kompleks, meski wujudnya cukup mengerikan. Jamur ini biasanya hidup dengan cara menempel pada pohon juniper.

Selama masa pertumbuhan, jamur ini akan mengeluarkan bintik-bintik yang tak lain adalah spora. Nantinya spora ini akan dibawa terbang oleh angin sampai akhirnya menempel kembali di pohon juniper dan mulai tumbuh lagi.

1. Jamur Otak

(Foto: Listverse)

Jika baru pertama kali menemukan jamur ini, mungkin Anda akan menganggapnya otak manusia. Tapi bukan lho, ini adalah jamur yang memang menyerupai otak.

Di balik kengeriannya, siapa sangka jamur morel ini sangat berharga di mata para koki. Rupanya spesies jamur ini sering diolah jadi makanan, terutama di negara-negara Skandinavia. Tapi cara memasaknya harus berhati-hati karena jamur yang memiliki nama ilmiah Gyromitra ini sebenarnya beracun.
X