Inilah 6 Stasiun Kereta Api Paling Angker Di Indonesia

Stasiun Manggarai saat malam hari (Foto: Flickr/BadHarrison)

Tempat-tempat angker tak hanya bersangkutan dengan tempat yang sunyi saja, tempat yang ramai pun tak menutup kemungkinan banyak dihuni oleh makhluk halus. Seperti halnya stasiun kereta api yang setiap harinya selalu ramai dipadati para penumpang, tapi pada malam hari ramai dikunjungi hantu.

Dari sekian banyak stasiun kereta api yang ada di Indonesia, ada beberapa stasiun yang terkenal dengan keangkerannya. Disebut angket, karena stasiun-stasiun tersebut menyimpan banyak kisah mistis yang menyeramkan dan juga banyak terjadi kecelakaan tragis di sekitar stasiun.

Pada siang hari, stasiun-stasiun ini boleh saja terlihat ramai, tapi ketika malam hari tiba, stasiun-stasiun ini akan berubah 180 derajat jadi tempat yang angker dan mencekam. Berikut 6 stasiun kereta paling angker yang ada di Indonesia.

6. Stasiun Purwakarta

(Foto: faktajabar.co.id)

Stasiun kereta api yang terletak di Jl. Kolonel Kornel Singawinata No. 1, Nagritengah ini dianggap sebagai stasiun kereta paling angker di Kabupaten Purwakarta. Diceritakan pada tahun 1988, ada seorang pemuda yang sedang meminum minuman keras di sekitar stasiun tersebut, lalu secara tak sadar ia tertabrak kereta api hingga anggota tubuhnya jadi terbagi-bagi.

Konon, banyak warga yang sering melihat penampakan hantu tanpa kepala, atau tidak memiliki kaki berkeliaran di sekitar stasiun tersebut. Hiiii seram!

5. Stasiun Malang Kotalama

(Foto: heritage.kereta-api.co.id)

Pada tahun 1981, kecelakaan tragis terjadi di lintasan kereta dekat Stasiun Malang Kotalama, di Kota Malang. Kecelakaan itu melibatkan sebuah bus yang terjebak di lintasan kereta, hingga tabrakan pun tak terelakan. Dalam kecelakaan tersebut, sekitar 50 penumpang bus dilaporkan meninggal.

Saat dievakuasi, mayat yang ditemukan konon disimpan sementara di WC umum stasiun tersebut. Dari situlah muncul anggapan banyak arwah gentayangan yang tinggal di WC tersebut. Beberapa orang yang melewat sekitar stasiun ini mengaku sering mendengar suara tangisan dan juga penampakan.

4. Stasiun Kaliwedi

(Foto: kabarwongmejasem.blogspot.com)

Cirebon juga punya stasiun kereta yang terkenal dengan keangkerannya, yaitu Stasiun Kaliwedi yang terletak di desa Kaliwedi Lor, Kaliwedi. Stasiun ini terletak sangat jauh dari pemukiman warga dan berdekatan dengan sungai, sehingga memberi kesan sangat sunyi dan menyeramkan.

Walau sekarang sudah tidak beroperasi lagi, tapi keangkeran stasiun ini masih jadi fenomenal. Dulunya, stasiun ini tidak memiliki pembatas perlintasan rel, sehingga banyak korban yang meninggal tertabrak kereta.

Pantas saja jika stasiun ini sekarang jadi sarangnya hantu. Jika melewat stasiun ini saat malam hari, tak menutup kemungkinan akan melihat sosok hantu gentayangan sedang berdiri di pinggiran rel.

3. Stasiun Cirebon

(Foto: metlandhotelcirebon.com)

Ternyata Cirebon banyak menyimpan stasiun angker. Jika Stasiun Kaliwedi sangat angker karena sudah tidak beroperasi lagi, maka berbeda dengan Stasiun Cirebon di Kebonbaru, Kejaksan yang tetap saja angker meski masih beroperasi.

Keangkeran stasiun ini mulai fenomenal setelah terjadi kecelakaan kereta antara Kereta Empu dan dengan lokomotif. Banyak korban tewas dalam kecelakaan itu, bahkan beberapa potongan tubuh korban ditemukan berserakan ketika dievakuasi. Tak heran, jika warga sering melihat penampakan hantu tanpa kepala di sekitar stasiun tersebut.

2. Stasiun Ketanggungan Barat

(Foto: soeryonopost.blogspot.com)

Terletak di Kabupaten Brebes, Stasiun Ketanggungan Barat juga terkenal dengan keangkerannya. Di stasiun ini kerap sekali muncul penampakan sosok perempuan dengan gaun putih. Konon, hantu perempuan ini suka menampakan diri saat ada kereta melintas.

Pada tahun 2002 lalu, pernah terjadi kecelakaan antara kereta api Gaya Baru dan kereta api Empu Jaya. Walau kecelakaan itu disebabkan karena human error, tapi tak sedikit warga yang percaya kalau hantu wanita itu yang menyebabkan kecelakaan tersebut. Entah mana yang benar, kecelakaan ini menewaskan 45 orang.

1. Stasiun Manggarai

(Foto: weebly.com)

Stasiun Manggarai bisa disebut stasiun kereta paling angker di Indonesia yang terletak di ibukota Jakarta. Ada banyak kisah mengerikan yang menyelimuti stasiun ini. Salah satunya sebuah lahan kosong yang biasa digunakan untuk menampung beberapa kereta bekas kecelakaan. Salah satu yang paling terkenal adalah gerbong kereta dalam tragedi Bintaro yang pernah disimpan di sana.

Tragedi Bintaro dikenal sebagai kecelakaan kereta api paling parah sepanjang sejarah perkeretaapian Indonesia. Setidaknya ada ratusan korban yang meninggal dalam kecelakaan tersebut. Dan sekarang, bangkai keretanya pernah disimpan di lahan kosong dekat Stasiun Manggarai tersebut.

Menurut beberapa cerita warga setempat, sering muncul penampakan gendruwo yang kerap kali mengganggu pejalan kaki yang lewat. Selain itu, sering juga terlihat hantu yang menyerupai sosok anak berkeliaran saat tengah malah hari.
X