Ini Bahaya Duduk Sambil Menyilangkan Kaki

Menyilangkan kaki saat duduk (Foto: care2.com)

Menyilangkan kaki saat duduk sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan banyak orang secara refleks. Duduk dengan posisi ini dianggap memberi kesan keren dan gaya, tapi tahu tidak bahwa duduk dengan posisi menyilangkan kaki sebenarnya sangat berbahaya?

Duduk dengan posisi menyilangkan kaki dalam waktu yang lama bisa menimbulkan masalah serius, yaitu meningkatkan tekanan darah. Menurut data penelitian pada tahun 2010, orang yang duduk dengan posisi menyilangkan kaki dalam waktu lama maka tekanan darah dalam tubuhnya akan meningkat drastis.

Hal itu dikarenakan Anda menempatkan lutut yang satu di atas lutut yang lainnya yang akan mengirimkan darah dari kaki ke dada dalam jumlah yang besar. Akibatnya jantung harus memompa darah lebih banyak dari normalnya, sehingga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

(Foto: foxnews.com)

Posisi menyilangkan kaki saat duduk juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan panggul. Akibatnya, otot bagian paha dalam akan lebih pendek dibandingkan bagian luar dan menempatkan sendi tubuh Anda bergerak keluar dari tempat.

Tak hanya itu, sering menyilangkan kaki juga dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah . Ada katup kecil dalam pembuluh darah yang mencegah darah mengalir ke arah yang salah.

Ketika kaki Anda disilangkan, tekanan pada pembuluh darah Anda akan semakin meningkat dan menghambat aliran darah dalam tubuh Anda, yang pada akhirnya menyebabkan pembuluh darah menyempit dan melemahkan aliran darah.

Hal itu juga dapat menyebabkan pengumpulan darah di bagian kaki dan membuat pembuluh darah Anda membengkak.

Menurut sebuah studi, duduk dengan kaki disilang selama lebih dari tiga jam berisiko membuat seseorang memiliki postur tubuh membungkuk, dan mengalami nyeri pada bagian leher dan punggung bagian bawah.

Sumber: Yahoo! Health
X