Huaxi, Desa Misterius Yang Semua Penduduknya Kaya Raya

Desa Huaxi (Foto: Elitereaders)

Di timur kota Jiangyin, Provinsi Jiangsu, China, terdapat sebuah desa di mana semua penduduknya adalah orang-orang kaya raya. Karena semua penduduknya kaya, desa bernama Huaxi itu diklaim sebagai desa paling kaya di China.

Dulunya, Huaxi merupakan tempat hidup bagi para petani miskin, tapi semuanya berubah 180 derajat setelah di desa ini didirikan perusahaan baja bernilai miliaran dollar. Industri baja di desa tersebut mengalami perkembangan pesat, terbukti pada tahun 2012 saja perusahaan ini mampu menghasilkan profit sebesar 9,6 miliar dollar AS.

Tak heran jika yang tinggal di desa ini adalah orang-orang kaya. Semua penduduknya yang berjumlah sekitar 2.000 jiwa bisa menikmati berbagai fasilitas mewah, termasuk pelayanan kesehatan gratis, perumahan dan mobil mewah, dan bahkan bisa bebas menggunakan helikopter pribadi.

(Foto: Elitereaders)

Akan tetapi, mereka yang tinggal di Huaxi harus bekerja seminggu penuh, dan jika memilih untuk keluar, maka harus rela meninggalkan semua kemewahan.

Desa ini sangat misterius karena tertutup dari media, para penghuninya pun tidak ingin berbicara banyak dan memilih menyamar saja.

(Foto: Elitereaders)

Yang lebih anehnya lagi, semua rumah di desa ini hampir semuanya sama percis seperti komplek perumahan. Hanya saja rumah-rumahnya sangat mewah dengan setiap rumah terdapat 10 ruangan.

Setiap penduduknya setidaknya memiliki tabungan sebesar 250.000 dollar AS atau sekitar Rp 3 miliar lebih.

Longxi International Hotel

(Foto: Elitereaders)

Tapi sayangnya, penduduk Huaxi tidak bisa membawa kekayaan mereka keluar desa. Dan oleh karena itu kekayaan di desa ini dicurigai bukan milik warga.

Dalam hotel terdapat hadiah ulang tahun ke-50 Huaxi (2011) bernilai 34,6 miliar dollar AS yang terbuat dari satu ton emas.

(Foto: Elitereaders)

Desa Huaxi didirikan pertama kali pada tahun 1960-an oleh Wu Renabo, mantan Sekretaris Komite Partai Komunis Huaxi.

Sumber: Elitereaders
X