Hikikomori, 'Penyakit' Mengerikan Yang Dapat Menghancurkan Jepang

Warga Jepang (Foto: japantimes.co.jp)

Jepang memiliki masalah sosial yang menyerang penduduknya, yakni Hikikomori. Hikikomori merupakan sebuah penyakit sosial dan kesehatan yang kabarnya dapat menghancurkan Negeri Matahari Terbit tersebut.

Penderita Hikikomori akan mengasingkan diri mereka dari kehidupan sosial. Mereka akan mengurung diri selama berhari-hari bahkan hingga bertahun-tahun di kamar. Mereka lebih suka sendiri dan tak punya teman.

Menurut sebuah survey dilakukan di Tokyo mengenai masalah tersebut, seperti dilansir thedailyjapan, menunjukkan sekitar 32,64 persen warga Tokyo menyebutkan bahwa mereka tak memiliki teman, 54,8 persen mengatakan bahwa mereka setidaknya memiliki 5 orang teman, sedangkan yang mempunyai teman hingga lebih dari 10 orang hanya ada 3,13 persen saja.

Ilustrasi Hikikomori (Foto: wsj.net)

Seorang dosen dari salah satu universitas di Jepang menjelaskan bahwa masa tertinggi seseorang mendapatkan teman adalah saat mereka berada di perguruan tinggi. Setelah melewati masa itu, jumlah teman dipastikan akan menurun.

Menurut salah seorang ahli, saat ini cukup banyak ancaman yang muncul dari pribadi di Jepang yang tak memiliki teman. Mereka yang terbiasa menyendiri hidupnya akan terbelenggu di dunianya sendiri dan berisiko terkena penyakit, misalnya kanker. Hal ini dikarenakan mereka hanya menghabiskan waktu di kamar untuk menonton tv, bermain komputer dan tak pernah berolahraga.

(Foto: wordpress.com)

Parahnya, pikiran sempit orang-orang yang terbiasa menyendiri akan memiliki keinginan untuk menyakiti orang lain. Karena hal ini banyak kasus kejahatan seperti penusukan akibat dari pikiran mereka yang sempit sering terjadi karena tak memiliki teman.

Tak menutup kemungkinan jika Hikikomori dibiarkan begitu saja, Jepang bisa diambang dalam bahaya.
X