Hanya Di Kota Ini, Uang, Politik dan Agama Tidak Berlaku

Penampakan Auroville dari atas (Foto: auroville.org)

Di distrik Villuppuram, di negara bagian Tamil Nadu, India, terdapat sebuah kota yang disebut Auroville atau Kota Fajar. Yang membuat kota ini begitu unik yaitu di kota ini tidak diperlukan uang, politik, dan bahkan agama.

Seperti dilansir Wow Menariknya dari situs allday.com, Auroville pada dasarnya merupakan kota eksperimental yang sebagian besar penduduknya berasal dari India, Jerman dan Perancis. Pada bulan Mei 2016, tercatat penduduk kota ini jumlahnya mencapai 2.487 jiwa.

Di kota ini terdapat kuil yang disebut Matrimandir yang memiliki sebuah bola emas raksasa yang melambangkan Auroville tidak terikat agama apapun. Sebaliknya, kuil ini adalah tempat untuk yoga, meditasi dan tempat santai.

Kuil Matrimandir (Foto: allday.com)

Auroville dibangun untuk menjadi model perdamaian dunia, di mana di kota ini tidak ada faksi politik, kejahatan dan juga perang. Karena hal itulah, kota ini disebut-sebut sebagai tempat paling damai di muka bumi.

Selain kuil Matrimadir, di kota ini juga ada monumen berbentuk guci yang melambangkan anti-rasisme.

Monumen berbentuk guci (Foto: allday.com)

Yang lebih menariknya lagi, masyarakat Auroville tidak menggunakan uang fisik berbentuk logam atau kertas. Setiap warganya memiliki rekening yang terhubung ke sistem pusat kota untuk bertransaksi.

(Foto: allday.com)

Namun BBC pernah melaporkan bahwa di Auroville, masyarakatnya terkenal sangat toleran terhadap pedofil. Meski tidak ada bukti resmi terkait laporan ini, akhirnya pejabat kota memutuskan untuk membentuk lembaga Perlindungan Layanan Anak.

(Foto: allday.com)

Pemukiman warga Auroville memiliki arsitektur yang sangat unik dan berbeda dengan rumah pada umumnya. Auroville juga memiliki perkebunan, pusat penelitian, peternakan, kebun raya, dan juga pusat tanaman obat.
X