Geger, Jejak Kaki Dinosaurus Ditemukan Di Gurun Gobi

Jejak kaki dinosaurus (Foto: Okayama University of Science/Telegraph Science)

Tim ilmuwan Jepang dari Okayama University of Science dikagetkan dengan sebuah penemuan baru yang bisa membuktikan keberadaan dinosaurus yang pernah hidup di bumi ini jutaan tahun lalu. Penemuan itu berupa fosil jejak kaki berukuran besar yang memiliki panjang 106cm, lebar 77cm, dan berusia sekitar 70 tahun.

Seperti dilansir dari Telegraph Science, Kamis (6/10/2016), jejak kaki makhluk raksasa itu ditemukan di Gurun Gobi, di Mongolia, oleh tim ilmuwan Jepang selama melakukan ekspedisi penelitian lapisan geologi berusia 70 dan 90 juta tahun, pada bulan Agustus lalu.

Jejak kaki itu terbentuk secara alami setelah hewan purba itu menginjakan kakinya ke lumpur dan kemudian pasir membuatnya jadi mengeras.

"Ini adalah penemuan yang sangat langka, jejak fosil terawat dengan baik dengan panjang lebih dari satu meter yang terbentuk dari cakarnya," kata tim ilmuwan dalam sebuah pernyataan.

Titanosaurus (Foto: nerdist.com)

Menurut Shinobu Ishigaki, seorang profesor dari Okayama University of Science, mengatakan jejak kaki raksasa itu diyakini milik Titanosaurus, sekelompok sauropoda herbivora berleher panjang yang hidup pada akhir periode Kapur.

Sementara itu, Masateru Shibata, seorang peneliti dari Dinosaurus Research Institute di Prefektur Universitas Fukui mengatakan bahwa fosil jejak kaki itu bisa jadi bukti keberadaan dinosaurus.

Beberapa sepesies Titanosaurus dianggap sebagai hewan darat terbesar dengan tinggi rata-rata mencapai 20-30 meter. Sebelumnya pada tahun 2014 lalu, sisa-sisa fosil Titanosaurus ditemukan di Patagonia selatan, di Argentina.
X