Di Kota Ini, Naik Sepeda Ke Kantor Akan Dibayar

Bersepeda ke kantor (Foto: rivistabc.com)

Naik sepeda bisa jadi solusi mengurangi kemacetan di jalan. Selain itu, naik sepeda juga lebih sehat karena membuat tubuh jadi bergerak. Tapi sayang, banyak orang yang enggan menggunakan sepeda karena dianggap melelahkan dan lebih memilih naik kendaraan saja.

Oleh karena itu, pemerintah kota Massarosa, sebelah utara kota Pisa, Italia, akan membayar warganya jika menggunakan sepeda ke tempat kerja, bukan kendaraan. Kebijakan ini diterapkan untuk mendorong penggunaan sepeda di masyarakat.

Menurut BBC, warga yang menggunakan sepeda akan dibayar 25 sen per kilometer, dengan nilai 35 euro atau sekitar Rp 500 ribu per bulan (kurs euro 1 euro = 15.900). Itu berarti, warga yang menggunakan sepeda ke tempat kerjanya akan mendapatkan 424 euro atau Rp 6,7 juta per tahun.

(Foto: britalypost.com)

Kebijakan ini pertama kali diterapkan pada tahun 2015 lalu. Sekitar 50 pegawai telah diikutsertakan dalam masa percobaan kebijakan ini yang berlangsung selama 12 bulan yang dimulai pada November 2015 lalu.

Imbalan yang diberikan kepada peserta berasal dari denda yang didapat dari hasil tilang di jalan kota. Stefano Natali, pejabat setempat, mengatakan kebijakan ini diharapkan bisa mengurangi kepadatan kendaraan di jalan nantinya.

Wah, bagaimana menurut kamu tentang bersepeda ke kantor akan dibayar?
X